close
SAMPANG

Rangkaian Hari Jadi Sampang ke-399, Dua Puluh Peserta akan ikuti Parade music tradisional combodug

IMG-20221207-WA0017
Salah satu peserta music tradisional Putra Branjangan asal Kecamatan Torjun Sampang.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Dalam rangka merayakan hari jadi Kabupaten Sampang ke-399 Tahun, Pemerintah setempat menggelar beberapa festival. Salah satunya adalah music tradisional combodug.

Kegiatan yang akan direncanakan pada 17 Desember 2022 mendatang, ternyata akan ikuti beberapa pemerhati music tradisional tersebut. Terbukti info terakhir, kini telah sebanyak 20 music tradisional combodug yang telah mendaftar kepada panitia.

Panitia telah memetakan jalur untuk parade music yang merupakan ciri khas masyarakat Sampang. Yakni start dari monument Sampang Jalan Trunojoyo dan finist alun-alun Trunojoyo Jalan Wijaya Kusuma setempat.

“Sejauh ini yang mendaftar sudah 20 peserta. Kegiatan itu berupa Festival lomba dilaksanakan selama dua hari dua malem,” kata Ketua Paguyuban Combodug Sampang (PCS) Sampang Cocok Hadi Sutrisno.

Perlu diketahui, kata dia, parede music tradisional combodug ini bagi peserta tidak dipungut biaya atau gratis. Dan kegiatan ini, hanya diperuntukkan atau khusus peserta berdomisili Kabupaten Sampang.

“Pemerhati music tradisional di Sampang sangat antusias. Karena jumlah pendaftar sementara mencapai 20 peserta,” ujar Mas Tris panggilan akrabnya.

Sementara Ketua Sampang Kreatif Andy Sulfa menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang mengadakan berbagai kegiatan lainnya. Semisal mulai dari festival lomba Daol Dug-Dug, tari kreasi tradisional, off-road, treal hingga parade musik tradisional combodug.

“Alhamdulillah, perayaan hari jadi Sampang ini kami mengadakan berbagai kegiatan. Yang sebelumnya, vakum akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Pada prinsipnya, Andy menyampaikan panitia sudah siap menggelar festival parade music tradisional combodug ini. Maka, partisipasi, kekompakan dan sportifitas, netralitas tinggi menjadi harapan utama dalam mensukseskan acara spektakuler tersebut.

“Kami optimis, parade music tradisional ini bakal berlangsung meriah. Sebab, gelaran ini didukung oleh berbagai pihak, Sampang Kreatif dan sejumlah media lainnya menjadi media partner,” ujar Mas Andy panggilan akrabnya. (Ful/Nin)

 

Tags : Hari jadi Sampang