close

SPORT

SPORT

PSSI Segera Sosialisasikan Penggunaan VAR

IMG_20240218_060803

Kompasmadura.com – PSSI terus mengambil langkah-langkah persiapan penerapan teknologi VAR (Video Assistant Referee) di Indonesia. Seusai terus menggelar uji coba penggunaan teknologi ini, mereka juga akan menggelar sosialisasi penggunaan teknologi VAR.

Sosialisasi tersebut ditujukan kepada pemain, pelatih, dan ofisial tim-tim peserta BriLiga 1 2023/2024.

“Setiap kali, sebelum kompetisi, akan ada sosialisasi (VAR). Biasanya sosialisasi satu pertandingan saja, nah, kali ini kita pasti akan intens mengenai yang tadi,” kata Wakil Ketua Umum PSSI

Bahkan saat ini, operator kompetisi profesional Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) masih mengadakan uji coba penerapan VAR tahap ketiga. Dalam uji coba ini, delapan kamera yang dipasang di sejumlah titik lapangan digunakan dalam uji coba, yang mempertandingkan klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal.

Menurut Tisha, Penerapan VAR masih harus melalui beberapa tahap lagi. Salah satunya adalah tahap persetujuan dan penilaian terakhir wasit serta asisten wasit VAR yang diberikan oleh FIFA.

“Untuk bertugas masih akan menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir, untuk mereka (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya, FIFA akan hadir di sini antara tanggal 1 dan tanggal 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini,” kata Ratu Tisha.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, angkat bicara soal uji coba tahap ketiga dalam penggunaan VAR. Menurutnya, dalam uji coba yang dihelat di Lapangan JSI Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/02), mereka menjajal sejumlah perangkat yang akan digunakan dalam VAR.

“Intinya, kalau kita lihat, mulai dari alat peraga. Alat peraga yang didemonstrasikan atau yang kita gunakan sekarang ini, mulai dari simulator, kemudian semua peralatan yang ada,” kata Ferry Paulus, soal alat apa saja yang dicoba pada kesempatan tersebut.

“Bahkan persis seperti yang kita beli yang juga digunakan oleh Piala Dunia U-17 2023 lalu,” Tambahnya.(Rian)

Baca Selengkapnya
SPORT

Terpilih Secara Aklamasi, Abd. Wasik Kembali Pimpin KONI Sampang

IMG-20231201-WA0036

SAMPANG, Kompasmadura.com – Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) VI KONI Sampang telah berakhir yang diselenggarakan di hotel panglima Rabu – Kamis November 2023. Hasil Musorkab VI, Abd. Wasik kembali menjadi nahkoda KONI Sampang periode 2024-2028.

Dia terpilih secara aklamasi. Karena hanya ada 1 calon (calon tunggal,red) yang mendaftarkan diri dan memenuhi syarat administrasi. Wasik panggilan akrabnya mendapat dukungan 22 Cabang Olahraga (Cabor) dari 31 Cabor binaan KONI Sampang.

Abd. Wasik Ketua terpilih menyampaikan terimakasih kepada pengurus dan cabor yang memberikan kepercayaan kepadanya untuk kembali memimpin KONI Sampang periode berikutnya. Tentu kata dia, bukanlah suatu prestasi melainkan suatu tantangan kedepan bagaimana KONI, Cabor lebih intens dan menjaga eksistensinya terutama atlet lebih prestasi, prestasi dan berprestasi.

“Saya kembali mencalonkan diri karena dukungan pengurus dan cabor. Dan Alhamdulillah, akhirnya amanah dan kepercayaan rekan-rekan kembalikan kepada saya lagi,” katanya.

Apa yang disarankan oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menjadi suatu bahan dan evaluasi bersama untuk kebaikan KONI Sampang. “Ia ini menjadi catatan penting kepada kami,” ujar Wasik. Pasca acara ini (Musorkab) VI akan dilanjutkan Rapat Kerja (Raker). “Pasti kami agendakan,” imbuhnya. (Ful/Nin)

Baca Selengkapnya
LIGA 3

Perssu Madura City Lakukan Kontrak Pemain Persiapkan Kompetisi Liga 3 Jatim

IMG-20231109-WA0028


SUMENEP, Kompasmadura.com – Perssu Madura City segera melakukan langkah cepat dengan melakukan kontrak pemain demi mengikat para pemain sepakbola untuk dipersiapkan pada kompetisi di Liga 3 Jawa Timur yang bakal digelar awal Desember mendatang.

Manajer Perssu Madura City Hadi Pradipta, mengungkapkan penandatanganan kontrak kerja sama tersebut sebagai bentuk keseriusan manajemen Perssu Madura City dalam mengarungi kompetisi Liga 3 Jawa Timur nanti.

“Seluruh pemain sudah menandatangani kontrak baik pemain lokal maupun dari luar daerah, Ujar Hadi, usai penandatanganan kontrak pemain yang juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari manajemen, bertempat di mess Perssu Madura City, Rabu (8/11/2023).

Menurutnya, komposisi pemain lokal sebanyak 40 dan sisanya dari luar daerah. Sudah ada 25 pemain saat ini resmi menjadi bagian dari tim, namun, masih ada 2 pemain trial yang masih dipantau untuk melengkapi 27 kuota pemain di tim laskar kuda terbang ini.

Namun diharapkan dalam dua tiga hari ini sudah ada keputusan, pemain yang masih trial ini, mengingat waktunya sudah dekat. Tinggal menunggu rekomendasi dari pelatih yang mengetahui dengan pasti kualitas dari pemain.

“InsyaAllah para pemain sudah siap memberikan yang terbaik untuk membawa tim ini meraih sukses” tandasnya.

Senada diungkapkan Coach Budi, jika para pemain terpilih semua sudah siap pakai dan siap bertarung di Liga 3 Regional Jatim. Meskipun diakui dengan waktu yang relatif singkat dengan melakukan latihan selama sepuluh hari secara kontinyu para pemain sangat antusias.

” Para pemain sangat antusias dengan latihan meningkatkan daya tahan dan game internal agar mendapatkan kerangka tim lebih cepat dengan persiapan yang mepet,” pungkasnya.(rus/Nin)

Baca Selengkapnya
LIGA 3

Perssu Madura City Terus Matangkan Persiapan Jelang Liga 3 Zona Jatim 2023

IMG-20231105-WA0115

SUMENEP, Kompasmadura.com – Jelang kompetisi Liga 3 zona Jawa Timur (Jatim) musim 2023-2024, Perssu Madura City terus melakukan persiapan, termasuk melengkapi komposisi pemain. Mengingat, kompetisi kasta ketiga di Indonesia itu akan segera dihelat, tepatnya pada awal Desember 2023 mendatang.

Pelatih Perssu Madura City, Budiardjo Thalib mengatakan, setelah sepekan latihan, tim pelatih telah menemukan komposisi pemain yang akan dipastikan memperkuat klub berjuluk Laskar Kuda Terbang ini. Saat ini, kata dia, terdapat 24 pemain yang sudah mengikuti latihan rutin bersama klub kebanggaan masyarakat Kota Keris itu.

“Kami sudah menemukan komposisi pemain yang baru yang layak bergabung dengan Perssu Madura City. Tinggal mencari pemain baru lagi untuk mengisi beberapa posisi,” ucapnya, Sabtu (4/11).

Pelatih yang akrab disapa Budi itu mengatakan, tim pelatih berencana untuk kembali mendatangkan sekitar 3 sampai 5 pemain baru untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. “Tetap trial. Sembari latihan, kami juga akan mendatangkan pemain yang siap pakai, siap tanding. Karena persiapan kita mepet sekali untuk ke Liga 3, jadi kami buru pemain yang siap,” kata Budi.

Mantan Pelatih Persiraja Banda Aceh itu menambahkan, pihaknya akan segera menggenjot program latihan kepada para pemain. “Tinggal menunggu komposisi pemain lengkap,” pungkasnya. (MO)

Baca Selengkapnya
SPORT

Ketum PSSI Erick Thohir Tinjau Stadion Gelora Bung Tomo

gsports_1698562272331

SURABAYA, Kompasmadura.com – Ketum PSSI Erick Thohir meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang menjadi salah venue Piala Dunia U-17 di Indonesia. Hadir pula dalam peninjauan itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Dalam pengecekan itu, keduanya mengaku kesiapan GBT menjadi venue piala dunia sudah sangat siap, bahkan 100 persen. “Kita sudah lihat semua fasilitas pendukung dan kesiapan stadion serta lapangan. Semuanya sudah sangat siap. Sudah 100 persen. Siap menjadi tuan rumah piala dunia,” terang Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Minggu (29/10/2023).

KONTEN PROMOSI

Menurut Erick perkembangan perubahan di Stadion Gelora Bung Tomo ini lebih pesat dari yang diprediksikan. Hal ini tentu Pemerintah Kota Surabaya menpersiapkan dengan baik apa yang menjadi kebutuhan dan apa yang perlu diubah sesuai dengan intruksi FIFA.

Tak heran jika Presiden FIFA memberikan apresiasi kepada Kota Surabaya dengan memberikan dua jempol akan kesiapan sarana dan prasarana yang totalitas untuk event dua tahunan ini. “Dari persiapan sebelumnya perkembangan stadion GBT cukup pesat dan lebih baik, Presiden FIFA akui Indonesia dengan memberikan jempol dua dalam persiapan piala dunia ini,” ucapnya.

Sedangkan klaborasi antar instansi yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya dirasa sudah sangat optimal, selain bantuan dari PLN dalam suplai listrik dan Telkom dalam penyediaan internet juga turut diapresiasi oleh mentri BUMN tersebut.

“PLN dan Telkom serta PUPR yang sudah mempersiapkan ini dengan baik saya sangat berterima kasih dengan kerja kerasa semua pihak agar terselenggaranya Ppala dunia ini bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Erick menambahkan, dalam pembukaan piala dunia akan berlangsung spektakuler. “Indonesia terkenal dalam pembukaan yang spektakuler dan meriah. Jadi dengan kesiapan ini saya yakin pembukaan piala dunia di Surabaya akan spektakuler dan meriah,” jelasnya.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo mengaku puas dengan kemajuan stadion GBT yang merenovasi dengan baik stadion kebanggan warga Surabaya. “Dengan kerja keras dari semua pihak membuat kesiapan stadion ini saya kira sudah lebih dari 100 persen,” ucapnya

Bahkan Dito yakin pembukaan piala dunia akan spektakuler dan meriah. Dimana Erick Thohir yang juga menjabat sebagai ketua Local Organizing Committee (LOC) terkenal dengan menampilkan hal yang detail lebih bagus. “Kita tahu bagaimana chief Erick Thohir sangat detail dalam pembukaan Asean Games, cukup bagus,” ungkapnya

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku berterima kasih dengan dukungan Mentri PUPR yang membantu dalam renovasi gedung GBT. Sehingga stadion ini sangat siap untuk menggelar piala dunia,” jelasnya (Nin)

Baca Selengkapnya
LIGA 3

Bupati Sumenep Launching Jersey Perssu Madura City

08_49_38_64979bcaaf16405b8b08402513b429d0051c9575

SUMENEP, Kompas Madura.com – Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo launching Jersey pemain sepak bola Persatuan Sepak Bola Sumenep (Perssu) untuk mengikuti kompetisi Liga 3 musim 2023-2023.

Jersey pertama atau kandang berwarna merah melambangkan semangat dan jiwa yang tinggi, enerjik dan berani untuk meraih kemenangan. 

Sedangkan jersey kedua atau tandang warnanya hijau melambangkan para pemain memiliki mental yang tenang dan bijaksana.  

“Perssu dengan kehadiran jersey baru diharapkan bisa menumbuhkan semangat baru dalam keikutsertaannya berkompetisi di Liga 3 musim 2023-2024,” kata Bupati disela-sela peluncuran jersey Perssu di Stadion GOR A. Yani Panglingur, Jumat (20/10/2023).

Pihaknya mengharapkan kehadiran jersey baru memberi dampak positif bagi tim Perssu agar lebih maju, berkembang, inovatif demi meraih prestasi untuk naik level di kancah sepak bola Tanah Air.

“Masyarakat tentu saja menunggu prestasi di Liga 3 ini, supaya bisa promosi hingga ke Liga 1, sehingga meraka ingin melihat Perssu menampilkan permainan terbaik di lapangan hijau dalam setiap pertandingan,” terangnya.

Pada liga 3 musim 2023-2024, Perssu menambah nama baru yakni Madura City dengan harapan, kehadiran Perssu Madura City mendapat dukungan penuh seluruh masyarakat atau suporter di pulau Madura. 

“Kami optimis dengan semangat jajaran pengurus dan nama baru “Perssu Madura City” bisa membawa perubahan yang positif  untuk berlaga di Liga 3 Indonesia tahun ini,” terang Bupati.  

Bupati yang menjabat sebagai Presiden klub Perssu Madura City menandai peluncuran seragam tim yang berdiri sejak tahun 1972 ini, dengan memakaikan kaos kepada pelatih Budiharjo Talib. 

Sementara itu, Manajer Perssu Madura City, RB. MS Hadi Pradipta mengatakan,  pihaknya berupaya memperjuangkan dan mengawal Perssu di kompetisi Liga 3 musim ini untuk meraih prestasi untuk mengharumkan daerah melalui olahraga sepak bola.

“Kami berusaha dan bekerja keras untuk meraih prestasi yang mampu membawa nama harum Kabupaten Sumenep,” ujarnya. (Red)

Baca Selengkapnya
SPORT

Prestasi di Porprov VIII Jatim, Kick Boxing Sampang Siapkan Atlet ke Pra PON Jatim

IMG-20230920-WA0009

SAMPANG, Kompasmadura.com – Cabang Olahraga (Cabor) Kick Boxing asal Kabupaten Sampang bisa katakan seumur jagung. Meski demikian, anak asuh Cocok Hadi Sutrisno dalam Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VIII Jawa Timur 2023 mampu menorehkan prestasinya selama pertandingan berlangsung mulai Selasa- Rabu 12-13 September 2023 di SMA Negeri 2 Jombang.

Kendatinya, para atletnya membawa pulang 4 medali. Yaitu, 3 medali emas dan 1 medali perak. Dengan rincian, medali emas itu di raih oleh Kania Santika dengan nomor pertandingan Low Kick 48 Kg Putri, Risa Hikmatul Mauliyah Low Kick 56 Kg Putri, Najwa Kanaya Eka Putri Low Kick 60 Kg Putri. Sementara medali perak di raih Ebetturrahman Low Kick 51 Kg Putra.

Cocok Hadi Sutrisno Ketua Umum Kick Boxing Indonesia Cabang Kabupaten Sampang mengatakan prestasi ini merupakan hasil kerja keras atlet serta dukungan dari official tim maupun KONI Kabupaten Sampang. “Alhamdulillah, ada peningkatan di Porprov kali ini. Sangat bangga atas prolehan prestasi yang di raih atlet. Bagaimanapun juga, ini bentuk kerjasama semua pihak yang mendukung peningkatan prestasi kickboxing ini,” katanya.

Tentunya kemenangan ataupun prestasi ini berikan para pelatih, dan juga rekan Kickboxing Sampang. Selanjutnya, peraih medali emas kategori kemenangan ini sebagai modal perjuangannya menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023.

“Perjuangan kami tidak sia-sia. Prestasi ini bisa menjadi pemacu untuk menghadapi Pra PON yang akan datang. Saya berharap untuk bisa lolos dalam Pra PON dan mewakili Jawa Timur untuk PON yang akan datang.

“Perolehan medali tersebut sudah cukup maksimal. Beberapa bulan mereka menjalani pemusatan latihan, saya berharap di ajang Proprov Jatim tahun depan bisa menurunkan lebih banyak atlet dengan prestasi yang lebih memuaskan,” harapannya. (Ful/Nin)

Baca Selengkapnya
LIGA 2

Laga Pembuka Liga 2 : Persela Lamongan vs Persijap Jepara

IMG_20230905_202145

JAKARTA, Kompasmadura.com – Persela Lamongan vs Persijap Jepara akan menjadi laga pembuka Liga 2 2023/2024. PT Liga Indonesia Baru (LIB) memilih laga itu karena faktor kebesaran kedua klub.

Sedangkan laga pembuka itu akan digelar di Stadion Surajaya, Lamongan, pada, Minggu (10/9/2023). Selayaknya laga pembuka pada umumnya, akan dilakukan opening ceremony lebih dulu sebagai dimulai kompetisi Liga 2.
PT LIB awalnya ingin menggelar laga ini pada malam hari. Namun karena beberapa alasan, akhirnya laga ini dipindahkan ke sore hari.

“Tepatnya kami akan pembukaan di Lamongan, antara Persela Lamongan dengan Persijap Jepara. Sayangnya (kick-off) jam 15.00 WIB, karena jam (malam) sudah ada acara yang tidak bisa diganggu Bu Siwi (Harsiwi Achmad, Direktur Programming Surya Citra Media),” kata Dirut PT LIB Ferry Paulus dalam peluncuran Pegadaian sebagai sponsor Liga 2 di Jakarta, Selasa (5/9).

“Kenapa kami memilih Lamongan, Karena kami butuh exposure yang lebih besar. Kita tahu dua tim ini adalah mantan kontestan Liga 1 (Liga Indonesia) di musim-musim sebelumnya. Yang kedua, jadi infrastruktur yang ada itu juga sangat memadai,” ujarnya.

Kompetisi Liga 2 mendatang akan diikuti oleh 28 klub yang dibagi ke dalam empat grup. Setiap grupnya diisi oleh tujuh tim yang akan memperebutkan tiket ke 12 besar, semifinal, dan final.

Namun tim yang melaju ke 12 besar adalah klub yang mengakhiri babak grup di posisi tiga teratas. Sementara empat tim terbawah dari setiap grup akan memainkan playoff degradasi.

Sebanyak 16 klub yang main playoff degradasi akan dibagi ke dalam empat grup berisikan masing-masing empat klub. Dua tim terbawah dari setiap grupnya (total 8 klub) akan terdegradasi ke Liga 3.

Sementara terkait siaran pertandingan, Elang Mahkota Teknologi (Emtek) kembali yang akan menayangkan jalannya kompetisi. Dijelaskan Direktur Programming Surya Citra Media (SCM) Harsiwi Achmad menyebut jumlah laga Liga 2 yang akan disiarkan secara langsung.

Selanjutnya dari total 260 laga Liga 2, sebagiannya akan disiarkan secara langsung. Pembagiannya adalah tayang di layanan streaming online dan Indosiar.

“Ada sebanyak 120 laga yang diproduksi dari 260 pertandingan, itu akan kami tayangkan sebanyak 38 laga di Indosiar, sisanya di Vidio,” tutur Harsiwi.

“Semuanya akan kami promosikan di Indosiar, jadi ini akan sangat baik. Sehingga menjadi informasi bagi yang mau nonton ” .tambahnya (Tri)

Baca Selengkapnya
SPORT

Prediksi Timnas Indonesia vs Palestina 

Ins3064030819_dfc0a04ef8f84df797f42582c32bb00f_353845811_825492452268807_3487697342619938218_n

Kompasmadura.com – Timnas Indonesia akan berjumpa Palestina pada laga uji coba FIFA Matchday, Rabu 14 Juni 2023. Laga antara Indonesia vs Palestina akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, mulai pukul 19.30 malam WIB.

Palestina datang ke Indonesia dengan tim terbaiknya. Bahkan tim asuhan pelatih Makram Daboub juga sedang dalam kepercayaan diri yang tinggi. Sebab, pada empat laga terakhir mereka selalu menang. Bukan hanya menang, mereka juga hanya kebobolan satu gol.

Sedangkan Palestina juga mengenal Indonesia dengan cukup baik. Sebab, ada Mohammed Rashid dalam skuad Palestina. Sang gelandang pernah bermain untuk Persib Bandung selama satu musim. Dia bisa membagi pengalamannya selama bermain di Indonesia untuk rekan satu timnya.

Tapi sisi lain, Shin Tae-yong memanggil 10 pemain yang bermain di luar negeri untuk membela Timnas Indonesia. Sang pelatih terlihat ingin menampilkan komposisi terbaik. Ivar Jenner dan Rafael Struick, yang baru selesai dinaturalisasi, langsung mendapat panggilan.

Jika melihat tren lima laga terakhir, Shin Tae-yong perlu membenahi lini belakang Skuad Garuda. Sebab, Indonesia hanya sekali nirbobol pada periode itu. Namun, di lini depan, Indonesia tampil cukup apik dengan lima gol pada dua laga melawan Burundi.

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (3-4-3): Syahrul Trina; Elkan Baggoot, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Stefano Lilipaly, Dendy Sulistyawan, Rafael Struick.
Pelatih: Shin Tae-yong

Palestina (4-2-3-1): Rami Hamadeh; Mousa Farawi, Michael Termanini, Mohammed Saleh, Samer Jundi; Mohammed Rashid, Mohammed Yameen; Islam Batran, Odai Kharoub, Mahmoud Abu Warda; Mahmoud Wadi.
Pelatih: Makram Daboub

(Nindy)

Baca Selengkapnya
SPORT

Brandon Scheunemann masuk ke Timnas Indonesia U-20

shin-tae-yong_169


JAKARTA, Kompasmadura.com – Brandon Scheunemann masuk ke Timnas Indonesia U-20 untuk menggantikan Zanadin Fariz. Pelatih Shin Tae-yong bicara soal kehadiran anak dari Timo Scheunemann tersebut.
Brandon sebelumnya dicoret oleh Shin Tae-yong untuk skuad Piala Asia U-20 2023. Namun, Brandon akhirnya diterbangkan ke Uzbekistan untuk menggantikan Zanadin, yang mengalami cedera.

Shin Tae-yong sejatinya sudah tahu bahwa Zanadin sempat mengalami cedera saat masih bersama tim di Turnamen Mini jelang Piala Asia U-20. Kondisi Zanadin kembali memburuk beberapa hari sebelum melawan Irak di matchday pertama Grup A.

“Memang sebenarnya Zanadin (Fariz) sudah cedera sejak di Jakarta. Tapi, laporan memang tidak ada masalah jadi akhirnya dibawa ke Uzbekistan,” ucap Shin Tae-yong.


“Namun sehari sebelum pertandingan (kontra Irak U-20), kami berlatih di lapangan yang kurang baik, yang mempengaruhi cedera dari Zanadin. Jadinya, mau tidak mau harus diganti sama Brandon,” Shin Tae-yong melanjutkan.

Indonesia sudah menjalani pertandingan pertama Grup A, Rabu (1/3). Garuda Nusantara menelan kekalahan 0-2 dari Irak.

Brandon mempunyai kesempatan tampil pada pertandingan kedua Indonesia saat melawan Suriah. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Sabtu (4/3) malam WIB.

Pada pertandingan terakhir fase grup, Indonesia akan menghadapi tuan rumah, Uzbekistan. Laga itu akan berlangsung di Istiqlol Stadium, Fergana, pada 7 Maret 2023. (Nindy)

Baca Selengkapnya