close
SAMPANG

Safari Ramadhan Jadikan Dialog dan Reses Bersama Pemerintah Daerah

IMG_20220407_024935
Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat memberi sambutan pada acara safari ke-2 di masjid As-Sakinah Torjun.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Rabu (6/4/2022), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang kembali menggelar safari Ramadhan bersama Bupati dan Wakil Bupati beserta Forkopimda di Masjid Besar As-Sakinah Desa/Kecamatan Torjun. Kegiatan yang bertajuk silaturahmi dengan masyarakat, tokoh masyarakat, Kades dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Torjun merupakan safari ke-2 di Bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Pantauan kompasmadura.com, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat beserta rombongan berangkat dari Pendopo Wabup di Jalan Trunojoyo Sampang. Tapi di Masjid Besar As-Sakinah, Wabup langsung memberikan santunan anak yatim-piatu, kaum dhuafa dan penyerahan honor guru gaji.

Pasca acara itu dilanjutkan pembacaan surah Yasin dan Tahlil bersama. Kemudian dilanjutkan acara tauziah atau ceramah agama. Usai buka bersama dan sholat Maghrib berjamaah dilanjutkan dialog interaktif antara Pemerintah Daerah dan segenap pemangku kepentingan dengan masyarakat desa di berbagai wilayah.

Dalam dialog, pengurus takmir masjid membutuhkan kendaraan ambulance khusus Masjid Besar As-Sakinah Torjun. Karena depan masjid, sering kali terjadi kecelakaan.

Untuk itu pihak takmir masjid membutuhkan ambulance yang stay 24 jam. Selain itu, dalam dialognya pihak
SMA Tarjun membutuhkan fasilitas umum berupa halte. Adanya halte dinilai penting sebagai tempat tunggu siswa menunggu kendaraan ataupun jemputan wali muridnya.

Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat mewakili Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan, sebenarnya pemerintah melalui dinas kesehatan telah menyediakan kendaraan ambulance yang ada di masing-masing pukesmas. Keberadaan kendaraan tersebut, kata Wabup tidak hanya untuk mengantarkan pasien yang sakit tapi juga untuk mengantarkan warga yang kecelakaan lalulintas.

“Saya kira ambulans yang ada di puskesmas itu bisa digunakan, dan standby 24 jam siap antar jemput,” katanya menanggapi pernyataan salah satu dari pengurus takmir masjid.

Untuk menanggapi fasilitas umum berupa halte, Kepala Dinas Pendidikan Edy Subinto mengatakan, hal itu termasuk penunjang bagi siswa dan wali murid. Namun dirinya akan berkoordinasi dengan instansi terkait kebutuhan sekolah. “Kami akan musyawarah dan sampaikan kepada dinas perhubungan,” singkatnya.

Wabup menambahkan safari ramadhan ini merupakan agenda rutin (tahunan,red) Pemkab Sampang. Tentunya, kegiatan ini mempererat silaturahmi antar masyarakat, tokoh dan elemen masyarakat lainnya.

Sehingga tercipta sebuah kondusifitas, aman dan masyarakat yang sejahtera tentram. Yang terpenting adalah, juga harus menjadi momentum untuk bermuhasabah menempa diri dengan berbagai ibadah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Amak kebaikan dalam konteks apapun.

“Bulan Ramadhan bukan halangan untuk kehilangan semangat. Tapi juga harus bisa menjadi sarana untuk senantiasa produktif berkarya dan berjuang untuk kemaslahatan umat serta masyarakat Sampang,” ujar mantan AKD Sampang itu.

Pada kesempatan ini, turut hadir Kapolres Sampang, Dandim 0828 Sampang, Kejari Sampang, Pengadilan Negeri Sampang, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sampang, Dirut Bank Sampag, Forkopimcam Torjun danKepala Desa serta Tokoh Agama dan Masyarakat Torjun. (Ful/Nin)

 

Tags : Pemkab(Sampang)