close
SAMPANG

DPRD Sampang Gelar Paripurna PU Fraksi-fraksi atas Raperda APBD Tahun 2022 dan rancangan akhir perubahan RPJMD 2019-2024

IMG_20211108_122314
Bupati H. Slamet Djunaidi menyerahkan jawaban atas PU Fraksi-fraksi perubahan RPJMD 2019-2024 kepad wakil ketua DPRD Sampang Arief Amin Tirtana.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Di gedung Graha, DPRD Sampang kembali menggelar rapat paripurna. Rapat kali ini, tentang pandangan umum fraksi-fraksi atas Raperda APBD Tahun 2022 dan rancangan akhir perubahan RPJMD 2019-2024 dan jawaban bupati terhadap pandangan umum fraksi-fraksi serta pengumuman nama-nama anggota pansus rancangan akhir perubahan RPJMD 2019-2024.

Rapat ke_13 itu dihadiri Ketua, wakil ketua dan 36 anggota DPRD Sampang. Serta Bupati Sampang, Forkopimda, OPD dan Camat se-Kabupaten Sampang. Setiap fraksi partai politik memberikan pandangan umum Raperda APBD Tahun 2022 dan rancangan akhir perubahan RPJMD 2019-2024 . Misalnya, dari parpol PKB, PDI-P, Nasdem, Gerindra, PAN dan lainnya.

Dari sejumlah pandangan umum itu, Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi memberikan jawaban secara global terhadap pandangan umum yang disampaikan masing-masing parpol.

Wakil Ketua DPRD Sampang Arief Amin Tirtana menyampaikan Pemerintah memiliki rancangan dan program selama lima tahun. Namun, ditengah perjalanan banyak hal yang perlu kajian atas target dan sasaran dari RPJMD 2019-2024 karena pandemi.

Maka pemerintah memiliki hak di dalam perubahan satu kali dalam kesempatan. Perubahan RPJMD ini, memproritaskan dan pemerataan pembangunan dalam mendukung pemantapan pemulihan ekonomi Sampang. “Perubahan RPJMD itu nantinya akan dibahas oleh Pansus. Dan kebetulan, sekarang penentuan ketua pansusnya,” katanya usai rapat.

Sementara Raperda APBD 2022 akan dibahas tingkat komisi, hingga Banggar. Yang jelas, kata dia, pandangan umum direkomendasikan kepada bupati.Secara garis besar, singkronisasi, dalam pemulihan ekonomi, sektor IKM, UMKM, dan menjadi sasaran perbaikan infrastruktur. “Yang selama ni dirasa kurang, karena ditemukan beberapa ruas masih perlu diperbaiki,” ujar politisi fraksi PPP.

Sementara itu Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi menyampaikan banyak terimakasih telah menyumbangkan pokok pemikiran dan konsep dalam perubahan RPJMD 2019-2024 dan Raperda APBD Tahun 2022. Tentu adalah bagaimana menginginkan Kabupaten Sampang untuk lebih baik.

Perubahan ini, H. IDI mengatakan, semata peningkatan dan pemerataan pembangunan dalam mendukung pemantapan pemulihan ekonomi Sampang. Tujuan ini, bersinergi dengan pemerintah pusat, provinsi. Yakni, pemilihan ekonomi.

Serta, penyediaan infrastruktur berkelanjutan, pusat produksi, meningkatkan mutu dan kualitas IKM dan UMKM. Kesenjangan kemiskinan menjadi prioritas pemerintah dalam peningkatan pemulihan ekonomi.

“Secara umum pada prinsipnya bentuk tanggungjawab senantiasa bersama membangun dan mendukung pemantapan pemulihan ekonomi Sampang. Dan pemerataan pembangunan,” katanya. (Ful/Nin)

 

Tags : Paripurna