SAMPANG

HPN 2021, Jurnalis Sebagai Pilar Demokrasi di Era Reformasi

SAMPANG, kompasmadura.com – Insan pers di era reformasi sebagai salah satu pilar demokrasi setelah lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pasalnya, pers merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia, terutama dalam melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Labuhan Sreseh Sampang Jawahir, Selasa (9/2/2021). Dia menuturkan insan pers dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik.

HPN pada kesempatan ini mengambil tema¬† “Bangkit dari Pandemi, Pers sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi”. Tentu, di tengah pandemi Covid-19, pers bisa terus berkontribusi mengawal demokrasi. Tak hanya itu, demi kemajuan bangsa, pers diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi melalui informasi yang membangun.

“Yang terpenting adalah bagaimana jurnalis ini menyuguhkan informasi¬† secara objektif, kritik membangun dan mengedukasi masyarakat. Mengedepankan tugas-tugas yakni fungsi kontrol terhadap pemerintah,” ujar Jawaher.

Dengan adanya dukungan dari pers, maka kesehatan masyarakat Indonesia dan percepatan ekonomi nasional (PEN) akan segera terwujud. Pers bisa meluruskan berita-berita tidak benar yang sedang marak saat ini. Dengan demikian, maka akan tercipta kondisi kondusif di tengah masyarakat.

“Kami harapkan bagaimana pers ini dapat menangkal informasi hoaks (berita bohong) harus dapat menjadi penyambung informasi yang baik kepada masyarakat,” harapannya.

Ia berpesan jurnalis untuk selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh melalui penerapan protokol kesehatan (prokes). Karena, jurnalis yang secarat continue berkomunikasi, bertatap muka dengan banyak orang. “Ingat bahwa ada keluarga atau orang-orang dekat yang sedang menanti di rumah,” ujarnya kepada kompasmadura.com. (Ful/Nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *