close
SAMPANG

Datangkan Narsum Pusat Litbang Inovasi Daerah dan Balitbang Kemendagri, OPD dan Camat Ditekan Menyusun Program yang Berinovasi

IMG_20220513_051500
Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi memberikan pemaparan kepada dilingkungan Pemkab Sampang.

SURABAYA, Kompasmadura.com – Rabu (11/5/2022) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melaksanakan Sosialisasi dan Diseminasi Indeks Inovasi Daerah. Kegiatan yang dilksanakan di Hotel Santika Surabaya itu, Pemkab Sampang mendatangkan nara sumber Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri Drs. Matheos Tan, MM dan Balitbang Kemendagri Isman.

Hadirnya para Narsum tersebut supaya memberikan kontribusi positif. Khususnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat dilingkungan Pemkab Sampang dalam menyusun program berinovasi.

“Mengundang perwakilan Kemendagri sekaligus sebagai Narsum, sebagai bentuk keseriusan Pemkab untuk mencapai predikat Pemerintah Kabupaten terinovatif,” kata Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi.

Tujuannya adalah, untuk memberikan gambaran terkait dengan sistem penilaian Indeks inovasi daerah sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Dimana dalam UU itu dijelaskan bahwa inovasi menjadi salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Dengan harapan inovasi yang digagas oleh OPD akan berdampak outcome yang bagus dan bermanfaat untuk masyarakat,” harapannya.

Sebab, penilaian Indeks inovasi daerah juga menjadi salah satu dasar bagi pemerintah pusat untuk memberikan alokasi dana insentif daerah kepada pemerintah daerah. Karena inovasi menentukan tingginya saing suatu daerah.

Maka dari itu, Bupati menyampaikan pihaknya tak segan-segan untuk mengikuti proses mulai pra hingga pembahasan RKA seluruh OPD demi terciptanya program tepat sasaran dan berinovasi. “Sejak awal kepemimpinan, kami berkomitmen dan menekankan kepada seluruh OPD untuk membuat program yang berdasarkan asas manfaat,” ujar mantan anggota DPR RI.

Melalui sosialisasi ini, H. Idi berharap akan ada tindak lanjut yang dilakukan oleh kepala OPP dan Camat sebagai evaluasi. “Kalau dulu dianggarkan baru buat program, tapi untuk ini buat program baru dianggarkan,” imbuhnya.

“Kami bersama, ada perubahan pola pikir dan motivasi yang kuat serta konsistensi untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus dalam rangka peningkatan pelayanan publik dilingkungan Pemkab Sampang,” sambung politisi fraksi Nasdem itu.

Pada acara itu, turut hadir Bupati H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati H. Abdullah Hidayat dan Sekdakab H. Yuliadi Setiyawan. Perwakilan Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri Drs. Matheos Tan, MM dan Balitbang Kemendagri Isman, serta seluruh OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang. (Ful/Nin)

 

Tags : Bupati Sampang