SAMPANG

Musrenbang RKPD, Ada Empat Pokok Prioritas di Tahun 2023. Ini Kata Bupati Sampang

SAMPANG, Kompasmadura.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menggelar Musyawarah Peren canaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2023. Kegiatan digelar di Pendopo Bupati jalan Wijaya Kusuma Bangsa, Rabu (16/3/2022) dengan tema “Peningkatan dan Pemerataan Infrastruktur Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Mendukung Daya Saing Daerah Menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Politisi Nasdem dalam paparannya mengatakan, tema tersebut sejalan dengan fokus pembangunan pada perubahan RPJMD Tahun 2019-2024. Yakni, pembangunan infrastruktur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi menuju Sampang hebat bermartabat.

“Tema ini juga selaras dengan tema pembangunan provinsi dan pusat,” katanya. Pelaksanaan Musrenbang RKPD untuk Tahun 2023 harus disusun dengan detail dan cepat. Instrumen menjadi landasan untuk menyusun program kerja yang diprioritaskan untuk kemaslahatan rakyat,” katanya

Maka, ada beberapa hal yang menjadi skala prioritas pemerintah. Diantaranya, meningkatkan pertumbuhan dan pemulihan ekonomi daerah, peningkatan kualitas dan daya saing SDM, peningkatan pembangunan infrastruktur wilayah yang berkelanjutan. Selain itu, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan peningkatan harmonisasi kehidupan masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya Musrenbang dengan segala isu dapat terealisasi serta membawa Kabupaten Sampang semakin maju bersama dan sejahtera bersama,” harapannya.

Ketua DPRD Sampang Fadhol menyampaikan ada empat pokok prioritaskan hasil direkomendasi dari legislatif. Diantaranya, penguatan dan pemulihan ekonomi dari sektor unggulan,
peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia melalui pengentasan kemiskinan, kualitas pendidikan, kesehatan serta sarana dan prasarana dasar, peningkatan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi dan inovasi daerah, dan terakhir menjaga harmonisasi kehidupan masyarakat.

“Semoga dengan musrembang kali ini seluruh program dan kegiatan yang kita rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini. Kami berharap dengan Musrenbang ini, arah pembangunan lebih  sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar politisi fraksi PKB.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sampang Umi Hanik Laila menuturkan, dengan adanya Musrenbang dapat menyaring aspirasi masyarakat dan memasukkannya ke dalam dokumen perencanaan tahunan daerah tentu memprioritaskan pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD. “Sesuai dengan harapan, yakni untuk mendorong percepatan pelaksanaan program pemerintah daerah,” singkatnya.

Acara ini diikuti Kepala Bakorwil Pamekasan mewakili Bapedda Jatim, Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten, Sekretaris Daerah, serta beberapa kepala OPD, lembaga/instansi, akademisi, tokoh masyarakat, Camat dan undangan lainnya. (Ful/Nin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *