SAMPANG

Wow, Hebat dan Bermartabat. Seorang Camat Jadi PJ Kades

SAMPANG,kompasmadura.com – Di Sampang, ada 180 Desa dari 14 Kecamatan. Beberapa minggu yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang telah menonaktifkan 111 Kepala Desa (Kades).

Seiring waktu, Pemkab Sampang telah memilih dan menunjuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Pejabat (Pj) Kades di 111 Desa. Pejabat (Pj) Kades di Kota Bahari masih menjadi perbincangan dan jadi trending topik.

Semisal, seperti di Desa Olor, Desa Gunung Kesan dan di Desa lainnya dengan persoalan-persoalan yang berbeda. Teranyar, informasi yang didapat kompasmadura.com, Cholilurrahman selaku Kepala DPMD Sampang, memilih Syahril Camat Karang Penang menjadi Pj Kades Desa Poreh. Desa Poreh sendiri, termasuk bagian Kecamatan Karang Penang.

Informasi tersebut diakui oleh Cholilurrahman melalui A. Irham Nurdayanto Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemdes DPMD Sampang. Penunjukan bapak Camat (Syahril,red) sebagai Pj Kades Poreh hasil musyawarah tim Kabupaten. “Memilih pak Camat karena dinilai mampu, dan sesuai dengan perundang-undangan,” katanya.

Dalam Peraturan Bupati (Perbup), Irham menjelaskan Perbup Nomor 27 Tahun 2021 sebagai ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Nomor Tahun 2015 dan perubahannya serta peraturan perundang-undangan Nomor 6 Tahun 2014 beserta petunjuk pelaksanaannya. “Dia sebagai Pj satu-satunya di Sampang dari Camat,” jelasnya.

Soal jam kerja atau bertugas, semua Pj Kades telah dilakukan pembekalan. “Supaya mereka bisa mengatur waktu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Karang Penang Sampang Syahril membenarkan dirinya sebagai Pejabat (Pj) Kades di Desa Poreh. Perangkap jabatan, Syahril mengatur waktu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Desa Poreh sendiri.

“Ia benar, saya ditunjuk sebagai Pj Kades di Desa Poreh. Dan saya kudu bekerja semaksimal mungkin,” akunya saat dikonfirmasi kompasmadura.com

Ditanya persoalan Su’ed sebagai Pj Kades di Desa Gunung Kesan, Syahril menyampaikan telah kondusif. “Memang sebelumnya, di Desa Gunung Kesan masih belum kondusif dan aman. Alhamdulillah, akhirnya sudah nyaman,” ujar Syahril yang menjabat sebagai Camat Karang Penang. (Ful/Nin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *