close
SAMPANG

Jumlah UMKM Meningkat, 1400 Pelaku Usaha Belum Kantongi NIP

IMG_20220103_145109
Kabid Koperasi dan UM Kurnia Suhartina memberikan pendampingan dan binaan kepada pelaku usaha.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Dimasa pandemi Covid-19 ini, pemulihan ekonomi salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satu cara menggerakkan perekonomian.

Di Sampang sendiri, sesuai data dari Disperindagkop Pemkab Sampang, pada Tahun 2021 tercatat tambahan UMKM sebanyak 1762 pelaku usaha. Artinya, saat ini minat berusaha terus mengalami peningkatan, khususnya untuk sektor UMKM.

Dari ribuan pelaku usaha tersebut bergerak delapan bidang. Diantaranya, usaha makanan dan minuman (Mamin), perdagangan, pertanian perkebunan dan perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan, industri, dan jasa.

Tambahan sebanyak 1762 UMKM tidak semua memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Dari sekian tambahan tersebut hanya 362 yang mengantongi NIB, sisanya sebanyak 1400 UMKM masih status (WUB) yang belum ber_NIB.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Koperasi dan UM Kurnia Suhartina melalui kasi Pengembangan Usaha Slamet Riyanto. Menurutnya, peningkatan jumlah pengusaha tersebut sesuai dengan program pemerintah. Pemerintah menargetkan jumlah pelaku usaha bisa mencapai lima hingga enam persen.

“Alhamdulillah, ada peningkatannya 6 persen sebelum dibawah 5 persen. Ini sejalan dengan program pemerintah, dan setiap tahun kita targetkan,” katanya.

Yanto menuturkan pengusaha-pengusaha muda memandang digitalisasi adalah sebuah proses. Yanto menyampaikan, dalam mendorong kemajuan UMKM pemerintah meminta UMKM untuk dapat melakukan substitusi kepada produk-produknya agar menjadi produk impor yang bisa diterima secara global.

“Upaya yang dilakukan pemerintah saat ini, adalah memberikan kesempatan UMKM untuk berpartisipasi dalam Pengembangan, pengelolaan usahanya. Misalnya, kami mendampingi berkelanjutan agar usaha mereka berjalan dan kualitas produksi terjaga termasuk pemasarannya,” jelasnya. (Ful/Nin)

 

Tags : UMKM