close
SAMPANG

Pajak Kendaraan Dinas Ditanggung Pemkab, Ratusan Kendaraan Tidak Membayarnya

IMG_20211223_155704
Sejumlah petugas sedang mengecek kendaraan dinas yang terindikasi tidak bayar pajak.

SAMPANG, kompasmadura.com – Beberapa waktu lalu, Satpol PP, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang melakukan razia kendaraan dinas. Razia itu untuk mengetahui ketaatan kendaraan dalam membayar pajak.

Al-hasil dari sekian kendaraan, ditemukan 195 kendaraan dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di Kabupaten Sampang tidak bayar pajak. Dari 195 kendaraan yang terdiri dari kendaraan roda dua, roda empat dan roda enam.

“Entah kenapa mereka itu tidak bayar pajak.Padahal, pembayaran pajak tahunan ditanggung oleh pemerintah,” kata Kabid Perhubungan Darat Agus Alfian melalui Kasi Lalu Lintas Angkutan Jalan Dishub Sampang Khotibul Umam.

Padahal, pembayaran pajak salah satu meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD). Namun dirinya mengaku tidak mengetahui besaran anggaran dari semua OPD. “Ada yang nunggak sampai 3 tahun,” ujarnya kepada awak media.

Per Tahun, dia menambahkan, tunggakan kendaraan dinas bervareasi, ada yang tahun 2015-2020. Dari temuan ini, dia menceritakan akan disampaikan kepada Bapak Bupati melalui Sekda Sampang. “Belum ada tindakan temuan ini. Kami hanya sebatas melihat seberapa besar kedisiplinan OPD dalam bayar pajak,” ceritanya.

“Mayoritas didominasi oleh kendaraan roda dua yang tidak bayar pajak tahunan,” pungkasnya. (Ful/Nin)

 

Tags : BPPKAD