SAMPANG

DPRD Sampang Gelar Paripurna Raperda APBD Perubahan

SAMPANG, Kompasmadura.com – Kamis (30/9/2021), di gedung Graha DPRD Sampang menggelar rapat paripurna tentang laporan Banggar terhadap raperda perubahan APBD 2021 dan laporan sekretariat DPRD atas pembahasan 6 Raperda usulan dan pelepasan aset serta persetujuan bersama antara DPRD dan Bupati atas Raperda perubahan APBD 2021.

Ketua DPRD Sampang Fadol menyampaikan rancangan ini berdasarkan kesepakatan perubahan KUA dan PPAS Tahun 2021 semua komisi DPRD Sampang. Raperda perubahan APBD 2021 ini, berorientasi pada anggaran berbasis kinerja atau prestasi kerja.

“Alhamdulillah, rapat paripurna tadi berjalan lancar,” kata Ketua DPRD Sampang Fadol usai kegiatan.

Politisi Parpol PKB itu menyampaikan agar penggunaan APBD ini benar-benar dapat memenuhi indikator sasaran. Sehingga, diharapkan sesuai fungsi belanja yang nantinya dijadikan acuan dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Daerah (Pemda).

“Sebenarnya kan dalam rangka mewujudkan amanat rakyat melalui eksekutif dan legislatif untuk memberikan pelayanan secara umum dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Fadol.

Sementara itu Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi mengatakan, hal ini sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021.

Dengan demikian, RAPBD 2021 harus disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan keuangan daerah. Maka pemerintah daerah perlu melakukan sinkronisasi dan perhitungan yang mapan. Sehingga didapatkan postur APBD yang ideal.

“Tentunya perlu optimalisasi pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi belanja dan pendapatan daerah. Tentu diharapkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata H. IDI sapaannya. (Ful/Nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *