close
PAMEKASAN

Harga Tembakau Anjlok, Ratusan Masyarkat Melakukan Unras

IMG_20190909_210731
Ratusan Masyakat dan Aktivis serta LSM saat melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

PAMEKASAN, Kompasmadura.com – Ratusan masyarakat petani tembakau yang tergabung di Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Peduli Petani Tembakau Kebupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur, melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Bupati Pamekasan, Senin, (9/9/2019) siang.
Ratusan Petani dan sejumlah aktivis beserta LSM datang untuk menagih janji dan menuntut bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam agar segera menaikkan harga tembakau di Pamekasan yang sekarang sedang anjlok.

“Pemerintah harus berpihak kepada petani bukan berpihak terhadap pemodal,” kata Hasim, salah satu Korlap Aksi dari Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Peduli Petani Tembakau Pamekasan.

Pihaknya menilai, Bupati Pamekasan tidak memihak kepada rakyat. Bahkan merugikan kepada petani, karena harga tembakau sekarang yaitu berkisaran 34 dan 35 perkilo gram.

“Pamekasan Hebat apabila pemerintahan mampu mengatur, menundukkan para pemilik modal (Pabrikan Tembakau) agar membeli hasil pertanian tembakau rakyat Pamekasan yang mensejahterakan rakyat petani tembakau,” teriak Hasim ditengah kerumunan massa.

Pemerintah kabupaten pamekasan khsusnya Bupati Pamekasan mencabut semua regulasi tentang peraturan tata niaga tembakau yang tidak menguntungkan kepada petani dan lahirkan regulasi baru yang menguntungkan pada rakyat. “Lahirkan regulasi baru tentang tata niaga tembakau yang menguntungkan terhadap petani tembakau, kalau bupati tidak bisa, maka sebaiknya bupati pamekasan mundur dari jabatannya,” harapnya.

Bupati Pamekasan, H Baddrut Tamam pada saat menemui para aksi mengatakan, Dalam sistem pemerintahan itu, kita mengatur anut demokrasi prosedural, dalam demokrasi prosedural, pemerintahan kabupaten Pamekasan terdiri bupati dan wakil bupati, eksikutif dan DPRD. Seluruh kebijakan yang dilakukan bersama sama dirumuskan dan dirundingkan dan diputuskan.

“Dalam hal kebijakan harga tembakau, pemerintahan ada 9 pabrikan sudah melakukan komunikasi dan musyawarah, artinya kita sudah sepakat pemerintah sudah menetapakan harga menilai dan maksimal. Harga menimal yang sudah disepakati bersama antar DPRD dan pemerintah serta pabrikan, 42.600 yang terendah baru kemudian yang tertinggi 58000,” tutur Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam saat menemui para aksi. (Rzq/Nin)

Tags : BupatiDemoHarga tembakau