close
SAMPANG

Putra Daerah Tidak Lolos, Penetapan Cakades PAW Desa Bancelok Berbau Politis

IMG-20220527-WA0044
Abd. Bakir saat memprotes penetapan Cakades PAW Desa Bancelok.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Sesuai tahapan dan jadwal, pemilihan Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) di Desa Bancelok, Kecamatan Jrengik Sampang pada hari Senin (30/5/2022) mendatang. Maka Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) mengumumkan dan menetapkan Cakades PAW Desa Bancelok, pada Jum’at (27/5/2022).

Diantaranya, Achmad Suyanto dari Desa Bringin Nonggal, Suhadak dari Desa Margantono, dan Mat Sahri dari Desa Jrengik. Sementara Badrud Tamam, Zainullah, Erni Ernawati dan Sayati tidak lolos.

Penetapan Cakades PAW tersebut, pasca dimengikuti seleksi tambahan berupa tes tulis dan wawancara oleh tim independen di Kantor Bupati, pada selasa (24/5/2022) kemarin. Namun, pengumuman dan penetapan Cakades PAW tersebut menuai protes dan kritik dari warga setempat.

Penetapan dan atau calon yang lolos Kades PAW Desa Bancelok dinilai kurang transparan dan kurang objektif. Bahkan penetapan ketiga calon tersebut, dinilai bernuansa politis.

“Jika Desa kami dipimpin oleh jabat Kades dari luar Desa, mending tidak usah dipimpin saja,” kata Abd. Bakir warga setempat.

Kendatinya, Cakades PAW Desa tersebut tidak satupun yang diloloskan oleh P2KD dan atau tim independen. “Kurang transparan dan objektif, masak calon yang dari Desa sendiri tidak ada yang lolos,” tanyanya dengan raut wajah kecewa.

Diwaktu yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) R. Cholilurahman menyatakan protes itu disebabkan rasa kecewa karena calon dari Desa Bancelok tidak ada yang lolos. “Kami menetapkan dari hasil tes tambahan yang digelar di Kantor Bupati beberapa waktu lalu,” katanya dengan santai.

Tahapan ini kata Cholil panggilan akrabnya, terus dilanjutkan. Artinya, tahapan ini tetap berlangsung hingga tahap selanjutnya. “Kalau tidak keliru ada empat orang calon yang berasal dari Desa Bencelok sendiri, tiga yang lolos dari luar Desa Bancelok,” imbuhnya kepada awak media. (Ful/Nin)

 

Tags : PAW