close
SAMPANG

Kerapan Sapi Bupati Sampang Cup 2022. H. Ab : Lestarikan Tradisi Madura

IMG_20220527_143800
Tokang Tongkok saat mengendalikan sepasang sapi kerap di start finis.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Setidaknya ada 48 pasangan sapi kerap adu speed di lapangan Mitra Cendana Kecamatan Pangarengan Sampang, kamis (26/5/2022). Puluhan sepasang sapi kerap itu memperebutkan piala Bupati Sampang Cup 2022 baik golongan atas dan golongan bawah.

Meskipun lapangan dalam kondisi kurang baik karena sempat diguyur hujan sebelumnya, namun para pemerhati kerapan sapi tetap antusias atas penghelatan tradisi masyarakat Madura. Dari hasil akhir pada event bergengsi tersebut, tercatat tiga sepasang sapi dinobatkan sebagai jawara.

Diantaranya, DOR TO DOR 1 milik H. Jalan Kades Bringin Nonggel, Torjun Sampang sebagai juara 1 golongan atas, Mabes terbang milik H. Dakkir, Omben Sampang posisi ke-dua, dan posisi ketiga Bintang GRT milik R.H. Moh Tohir Sanggre Agung Bangkalan.

Sementara bagian golongan bawah, juara pertama Anak Selor milik H. Romli Kades Longkek Galing, Bangkalan. Posisi ke-2 Jendral Sadis milik As’ad Rosep Blega Bangkalan, dan juara tiga Stell Balap milik Abiem Torjun Sampang.

Dan sepasang sapi kerap yang juara 1 golongan atas dan bawah mendapat hadiah berupa mobil, dan juara 2 dan 3 golongan atas dan bawah masing-masing mendapat hadiah berupa sepeda motor. Hadiah-hadiah tersebut diserahkan langsung oleh H. Abdullah Hidayat di Pendopo Wakil Bupati Sampang.

Orang nomer dua di Sampang itu mengatakan, maksud dan tujuan event ini tiada lain adalah mempertahankan dan melestarikan tradisi masyarakat Madura. Sapi yang diikut dalam kontes ini, bisa dikatakan sepasang sapi kerap sudah sering berkompetisi dan juara.

“Alhamdulillah, kegiatannya berjalan lancar dengan baik dan sesuai dengan harapan. Semuanya tertib, dan penonton sangat antusias,” kata Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat.

Selamat buat para pemenang yang berhasil sebagai juara pada kejuaraan Bupati Sampang Cup 2022. “Kami pun juga mengucapkan terimakasih kepada panitia semua pihak yang ikut andil dalam mensukseskan kegiatan ini,” ucapnya. (Ful/Nin)

 

Tags : Piala Bupati Sampang cup