close
BUDAYA

Melestarikan Budaya Madura, Kapolda Jatim Buka Lomba Kerapan Sapi Gebyar Budaya Madura 2019

IMG_20190323_190527
Kapolda Jatim, Irjel Pol Luki Kurniawan saat memberikan sambutan di acara lomba kerapan sapi gebyar Budaya Madura Polda Jatim Cup 2019, di Stadion R Sunarto Hadiwijoso, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. / Foto : Riski/Kompasmadura.com

PAMEKASAN, Kompasmadura.com – Dalam upaya untuk melestarikan Budaya leluhur Madura, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Kurniawan membuka lomba kerapan sapi Gebyar Budaya Madura Kopolda Jatim Cup 2019 untuk memperkenalkan budaya Madura kepada Dunia Internasional.

“Tradisi kerapan sapi ini merupakan upaya untuk menjadi kebanggan kita semua. Melalui kerapan sapi ini, kita bisa dipersatukan dalam menjaga nilai warisan budaya,” ungkap Kapolda Jatim, Irjel Pol Luki Kurniawan saat sambutan di acara lomba kerapan sapi Gebyar Budaya Madura Kapolda Jatim Cup 2019, di Stadion R Sunarto Hadiwijoso, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (23/03/2019), pada pukul 07:30 Wib.

Selain itu, Kapolda jatim mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam memelihara dan melestarikan budaya kerapan sapi dan bisa membangun silaturahim antara masyarakat. Karena kerapan sapi ini merupakan wujud dari filosofi orang madura yang selalu tangguh dan bekerja keras.

“Kerapan ini sudah menjadi simbol – simbol kehidupan masyarakat madura yang harmoni. Dengan acara kita bisa meniru filosifi layaknya orang madura yang bekerja kerasan dan ‘asapo’ ombhà’ abhàntal angin’,” tuturnya Irjen Pol Luki Kurniawan.

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kedamaian sesama masyarakat madura, untuk tidak berpengaruh dalam hirup politik yang memanas.

“Melalui kegiatan ini, kita bisa menjaga kerukunan dan kedamaian antar masyarakat, kalau kedamaian bisa dijaga, masyarakat bisa melaksanakan kegiatan dengan tenang dan damai, ini harapan kita semua,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, seluruh anggota jajaran Kapolda Jawa Timur, Forkopimda dari empat kabupaten Semadura dan para jajaran Kapolres Dari semadura, para tokoh masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

Selain itu, acara ini ditutup dengan pemberian hadiah dan cendera mata bagi juara 1 dalam lomba kerapan sapi Kapolda Cup 2019, yang dimenangkan perwakilan kabupaten Bangkalan dan sumenep, serta memberikan doorprize kepada masyarakat yang hadir. [Riski/Nin]

Tags : Kapolda cup 2019Kerapan Sapi