close
SUMENEP

BPBD Sumenep Bentuk Tim Pos Komando Siaga Darurat Bencana

IMG-20240202-WA0030


SUMENEP, Kompasmadura.com – Menindaklanjuti surat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo, Pemerintah kabupaten Sumenep melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep membentuk Tim Pos Komando Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana BPBD Sumenep Wahyu Kurniawan Pribadi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Edy Suprayitno menjelaskan Pos Komando Hidrometeorologi dibentuk berdasarkan surat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo.

“Surat yang berisi tentang informasi prakiraan kondisi iklim Kabupaten Sumenep sejak Desember 2023 sampai dengan Februari 2024,” ujar Edy, Jum’at (02/02/2024).

Dikatakan, untuk menindaklanjuti surat BMKG tersebut, BPBD Sumenep membentuk Tim Pos Komando Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi. Pos tersebut bertempat di sebelah timur Taman Bunga. Kegiatan ini bertujuan dari pembentukan pos tersebut untuk menangani dampak bencana hidrometeorologi kepada masyarakat Sumenep.

Hal itu Diakui pula sesuai SK Kalaksa BPBD Sumenep tentang pembentukan Tim Pos Komando Siaga Hidrometeorologi yang keluar pada tanggal 12 Januari 2024, sebagai tindaklanjut dari Keputusan Bupati Sumenep No. 188/499/KEP/435.013/2023 tentang Status siaga Darurat Bencana Hidrometeorolgy di Kabupaten Sumenep Tahun 2023/2024,” terang dia.

“Petugas di pos Komando Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi berjumlah 26 orang. 13 orang siaga siang hari, 13 orang lagi bertugas di malam hari.”terangnya.

Lebih lanjut menurut Edy, apabila terjadi bencana masyarakat bisa menghubungi call center 112 atau langsung melapor ke pos komando di sebelah timur Taman Bunga. Sehingga, BPBD Sumenep bisa terus memberikan kenyaman kepada masyarakat Sumenep sesuai dengan tagline Bismillah Melayani.(Rus/Nin)

Tags : BPBD