close
SUMENEP

Dinas Koperasi UKM dan Perindag Sumenep Gelar Diklat Laporan Keuangan Digital Bagi UMKM

IMG-20231117-WA0092


SUMENEP, Kompasmadura.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro, Perindustian dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perindag) Kabupaten Sumenep menggelar Pendidikan dan Pelatihan(Diklat) Laporan Keuangan Digital, bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 14-16 Nopember 2023, bertempat di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si, Pada Pembukaan Diklat mengungkapkan, melalui Diklat Laporan Keuangan Digital sehubungan perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengahi (UMKM) dari tahun ke tahun dibutuhkan pengelolaan yang baik dan management yang tepat khususnya dalam pengelolan keuangan, utamanya diera persaingan digital yang terus berkembang.

“Era digitalisasi yang semakin hari terus berkembang tentunya harus diikuti dengan terus meningkatkan kapasitas pelaku UMKM sehingga mampu bersaing dengan dunia usaha lainnya.” Ungkap Chainur Rasyid, pada pembukaan Pelatihan dan Pendidikan Keuangan Digital Bagi UMKM di Aula UPT. Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep, Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, diera digital mau tidak mau, suka tidak suka, hampir semua aktifitas dunia usaha menggunakan digital. Mulai dari produksi, pemasaran hingga management menggunakan digitalisasi. Semua transaksi hingga pelaporan keuangan cukup dengan menggunakan handphone.

Seperti halnya transaksi penjualan hampir semua produk cukup memasang barcode di kemasan produk dan sudah tidak menggunakan manual lagi. Hal tersebut tentunya harus terus dilakukan oleh para UMKM agar bisa bersaing.

Karenanya melalui beberapa kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Dinkop UKM dan Perindag Sumenep yang melibatkan UMKM agar bisa bersaing dengan dunia usaha lainnya.

“Selain terus meningkat kualitas produk, kemasan dan Inovasi lainnya agar mereka terus bisa bergerak maju serta memiliki laporan keuangan yang baik,”tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan, Kerjasama dan UKM Dinkop UKM dan Perindag Sumenep, Noer Lisal Ambiya, ST, MT , menjelaskan, kegiatan Diklat Laporan Keuangan Secara Digital bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM dalam rangka pengoptimalkan kemampuan pelaporan keuangan secara digital.

“kegiatan ini juga untuk menciptakan para pelaku usaha agar dapat meningkatkan produktifitas dan kreatifitas dan memperkaya pengetahuan UMKM khususnya dalam pelaporan keuangan secara digital”jelasnya.

Dikatakan, kegiatan Diklat laporan keuangan secara digital ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sumenep dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan para pelaku UMKM khususnya di Sumenep.

Karenanya dalam kegiatan Diklat yang diikuti sebanyak 50 UMKM yang tersebar disejumlah kecamatan di Sumenep, kali ini pihaknya menghadirkan nara sumber atau mentor kompeten di bidangnya.

“Hal ini agar bisa saling mengisi dalam metode pemaparan dan tanya jawab dengan peserta yang dilaksanakan selama Diklat.”paparnya.

Sedangkan, Diklat laporan keuangan secara digital ini merupakan program yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik kabupaten Sumenep tahun 2023, Dinkop, UKM dan Perindag kabupaten Sumenep.(Rus/Nin)

Tags : Desperindag