close
SUMENEP

Dinkop UKM dan Perindag Sumenep Gelar Diklat Laporan Keuangan Secara Digital Bagi UMKM

IMG-20221108-WA0037

SUMENEP, Kompasmadura.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro, Perindustian dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perindag) Kabupaten Sumenep menggelar Pendidikan dan Pelatihan(Diklat) Laporan Keuangan Secara Digital, bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 08-10 Nopember 2022, bertempat di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si, melalui Sekretarisnya, Yogo Prakoso, ST, MT, Pada Pembukaan Diklat mengungkapkan, melalui Diklat Laporan Keuangan Secara Digital tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah dalam memudahkan para pelaku usaha khususnya UMKM menghadapi era digitalisasi saat ini.

“semoga melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya UMKM.”ujar Yogo, Selasa (08/11/2022).

Pihaknya berharap, adanya kesadaran bersama guna mendorong UMKM dalam merespon baik peluang dalam menghadapi tantangan era digitalisasi 4.0 yang terus semakin berkembang. Sebab, kalau tidak ada respon baik dari semua pihak apa yang diharapkan tidak akan berhasil.

Karenanya, menurut Yogo, saat ini tidak hanya di kabupaten Sumenep, namun di daerah lain pemerintah juga hadir melakukan langkah-langkah guna lebih mengarahkan UMKM sebagai primadona dalam pemberdayaan perekonomian. Sebab, diakui UMKM mampu menjadi ujung tombak peningkatan perekonomian.

“Bahkan, dimasa sulit ketika pandemi Covid-19 lalu, UMKM yang ternyata mampu bertahan dan terus berkembang ditengah hampir semua sektor tidak bisa berbuat banyak.”tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan, Kerjasama dan UKM Dinkop UKM dan Perindag Sumenep, Drs RB Moehammad Asy’ari , menjelaskan, kegiatan Diklat Laporan Keuangan Secara Digital bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM dalam rangka pengoptimalkan kemampuan pelaporan keuangan secara digital.

“kegiatan ini juga untuk menciptakan para pelaku usaha agar dapat meningkatkan produktifitas dan kreatifitas dan pemperkaya pengetahuan UMKM khususnya dalam pelaporan keuangan secara digital”jelasnya.

Dikatakan, kegiatan Diklat laporan keuangan secara digital ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sumenep dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan para pelaku UMKM khususnya di Sumenep.

Karenanya dalam kegiatan Diklat yang diikuti sebanyak 50 UMKM yang tersebar disejumlah kecamatan di Sumenep, kali ini pihaknya menghadirkan nara sumber atau mentor kompeten di bidangnya.

“sehingga bisa saling mengisi dalam metode pemaparan dan tanya jawab yang dilaksanakan selama Diklat.”tandasnya.

Sedangkan, Diklat laporan keuangan secara digital ini merupakan program yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik kabupaten Sumenep tahun 2022, melalui Dinkop, UKM dan Perindag kabupaten Sumenep.(rus/Nin)

Tags : Diskop