close
PENDIDIKAN

Sosialisasi Cara Pendaftaran Sertifikasi Halal Oleh Mahasiswa UMM Pada Salah Satu UMKM di Kota Malang

IMG-20221107-WA0010

Kompasmadura.com – Kelompok mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang terdiri dari Mohammad Iqbal, Nurmansyah, Muhammad Rafi, Okfrizal Irfananda, Tegar Cahya Pratama, Adzhila Yashika Haya dan Dosen Pengampu Muhammad Hilmy, SH, menggelar sosialisasi terkait Sertifikasi Halal dalam produk makanan dan minuman.

Namun pelaksanaan sosialisasi sertifikasi halal tersebut dilakukan di Cafe Safe House yang bertempat Jl. Joyosuko Timur No.3, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 pada hari Jumat (05/11/2022).

Safe House adalah tempat nongkrong atau cafe yang sudah berdiri sejak tahun 2022 oleh Alif Raka Maulana dkk. Safe House ini didirikan sebagai tempat untuk makan dan minum sajian cepat saji dan menyuguhkan suasana santai atau tidak resmi, selain itu juga merupakan suatu tipe cafe yang menyediakan tempat duduk didalam ruangan dengan nuansa atau konsep neon sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat mengobrol santai ataupun mengerjakan tugas-tugas kuliah atau kantor.

Safe House menjadi spot nongkrong favorit dan ramai dikunjungi dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja sampai dewasa karena tempatnya yang nyaman, sejuk, dan unik. Selain itu Safe House memiliki menu andalan yang menjadi incaran para konsumen yaitu “Mocktail Snowy Summer” yang berbeda dengan cafe-cafe lainnya.

Namun Pemilik Safe House sendiri hingga saat ini belum pernah mendaftarkan menunya untuk mendapatkan sertifikasi halal, sehingga kami dari kelompok 3 kel 6 PLKH Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang memberikan informasi serta sosialisasi bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikasi halal suatu produk. Dimana dalam hal ini materi yang kami sosialisasikan meliputi pengertian halal, urgensi sertikasi halal, tujuan sertifikasi halal, manfaat dan prosedur sertifikasi halal, pihak-pihak yang terlibat dalam sertifikasi halal, serta dokumen apa saja yang dibutuhkan dalam sertifikasi halal.

Sertifikasi halal sebuah produk sangatlah penting karena memberikan perlindungan terhadap konsumen akan kandungan yang terdapat pada produk yang diciptakan oleh para pelaku usaha dan untuk menentukan layak atau tidaknya suatu produk yang diciptakan oleh pelaku usaha serta ini bersifat wajib bagi seluruh pelaku usaha. Dengan demikian, para konsumen baik yang beragama muslim maupun non muslim akan terjamin keamanannya akan produk yang akan dikonsumsi.

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh para pelaku usaha dalma mendapatkan sertifikasi halal diantaranya adalah melakukan permohonan sertifikasi halal dengan mempersiapkan beberapa dokumen seperti NIB, data pelaku usaha, nama dan jenis produk dll, selanjutnya BPJPH akan memeriksa kelengkapan dokumen dan menetapkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) selama 2 hari kerja. Setelah LPH dibentuk, kehalalan produk akan diuji sebelum ditetapkan oleh MUI dalam sidang sertifikasi halal untuk selanjutnya diterbitkan Sertifikat Halal. (Rls)

Tags : UMM