close
POLITIK

KPU Sumenep Akui Perlu Media Sebagai Penyampai Informasi Pada Masyarakat

IMG-20221103-WA0034

SUMENEP, Kompasmadura.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyadari peran media sebagai arus informasi publik dalam pelaksanaan Pemilu 2024 sangat dibutuhkan, agar masyarakat mengetahui tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Pemilu.

Hal tersebut ditegaskan, Plt Ketua KPU Sumenep, Rahbini, dihadapan para awak media dari berbagai Organisasi Wartawan di Sumenep, saat acara Media Gathering dengan tema “media jadi garda depan suksesnya Pemilu 2024”, yang dilaksanakan KPU Sumenep, di Cafe Mr. Ball, Kamis (03/11/2022).

“Saat ini sudah masuk tahapan verifikasi faktual partai politik. Dalam setiap tahapan itulah butuh penyampaian informasi kepada masyarakat melalui teman-teman media,” ungkapnya.

Menurut Rabini, selama ini sejauh pelaksanaan verifikasi faktual partai politik berjalan, masih banyak masyarakat yang belum tahu apa itu KPU. Bahkan, sebagian masyarakat ada yang menganggap petugas verifikasi faktual partai politik saat melaksanakan tugas turun dibawah, dianggap bermacam-macam, mulai dari petugas sensus, hingga bagian pendataan orang miskin penerima bantuan dan sebagainya.

“Karenanya, seluruh tahapan yang dilaksanakan KPU sangat membutuhkan peran dari media agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan sukses dan lancar,”tandasnya

Sementara itu acara Media Gathering oleh KPU Sumenep dikemas dengan diskusi publik yang menghadirkan praktisi media, yakni Abd. Aziz, mantan Ketua PWI Pamekasan sebagai narasumber pertama dan narasumber kedua dari KPU Sumenep sendiri, Rafiqi, mantan wartawan dan Ibnu Hajar dari PWI Sumenep sebagai moderator.

Sekedar diketahui, pelaksanaan Pemilu 2024 dijadwal akan digelar secara serentak pada 14 Februari 2024. Sedangkan Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024. (rus/Nin)

Tags : KPU