SUMENEP

Dinkop UKM dan Perindag Sumenep Gelar Diklat Manajemen Pemasaaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UMKM

SUMENEP, Kompasmadura.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro, Perindustian dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perindag) Kabupaten Sumenep menggelar Pendidikan dan Pelatihan(Diklat) Manajemen Pemasaaran dan Komunikasi Bisnis, bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 25-27 Oktober 2022, di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep.

 

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si, mengungkapkan, melalui Diklat manajemen pemasaaran dan komunikasi bisnis tersebut diharapkan nantinya para pelaku UMKM betul-betul dapat meningkatkan kapasitas usahanya dengan baik dan lebih maksimal.

“Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya para UMKM dapat mengelola usahanya dengan baik mulai dari kualitas produksi, kapasitasnya dan sebagainya sehingga bisa bersaing di era digital sekarang ini dengan pengawalan mentor yang handal.” ungkap Chainur pada Pembukaan Diklat Manajemen Pemasaaran dan Komunikasi Bisnis, Selasa (25/10/2022).

Menurutnya, selama ini UMKM tetap mampu bertahan bahkan dimasa pandemi Covid-19 lalu hingga saat ini pasca Pandemi lebih terus berjalan dan bergerak maju, sehingga mampu meningkatkan sektor ekonomi khususnya di kabupaten Sumenep. Sehingga, kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat.

Dikatakan, selain nantinya memiliki kemmapuan dalam manajemen pemasaran dan komunikasi bisnis, kualitas produksi juga harus diperhatikan agar komsumen tidak kecewa. Misalnya untuk rasa dan higinitas bagi pengusaha makanan dan minuman. Termasuk juga nantinya diperhatikan hasil produksi harus memadai dan didukung stok bahan baku yang memadai demi memenuhi kebutuhan pasar nantinya.

“disamping itu legalitas nantinya juga perlu dengan brand produk yang bagus sehingga mampu menembus pasar mulai lokal hingga nasional.”tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan, Kerjasama dan UKM Dinkop UKM dan Perindag Sumenep, Drs RB Moehammad Asy’ari , menjelaskan, kegiatan Diklat manajemen pemasaran dan komunikasi bisnis bertujuan untuk pengoptimalkan para pelaku usaha serta dapat meningkatkan produktifitas dan kreatifitas UMKM yang ada di Sumenep.

“kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sumenep dalam rangka pemberdayaan dan peningaktan kesejahteraan para pelaku UMKM khususnya di Sumenep.”jelasnya.

Karenanya dalam kegiatan Diklat kali ini pihaknya menghadirkan nara sumber atau mentor dari lokal Sumenep serta dari Malang, sehingga bisa saling mengisi dalam metode pemaparan dan tanya jawab yang dilaksanakan selama pelatihan.

Sedangkan peserta Diklat manajemen pemasaran dan komunikasi bisnis merupakan program yang didanai Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik kabupaten Sumenep tahun 2022, melalui Dinkop, UKM dan Perindag kabupaten Sumenep.(rus/Nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *