SUMENEP

Pemkab Sumenep MoU dan Perjanjian Kerja Sama ICS

SUMENEP, Kompasmadura.com  –  PT. Perikanan Nusantara (Perinus) Persero berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, membenahi dermaga di Pelabuhan Bintaro Desa Longos Kecamatan Gapura untuk pengoperasian gudang pembekuan ikan atau Integrated Cold Stroge (ICS) di Desa setempat.

Presiden Direktur PT Perinus Persero, Dr. Dendi Anggi Gumilang, SE., MM, mengatakan, pihaknya telah melakukan survey lapangan terkait tempat pendaratan ikan yang sangat representatif terdekat dengan gudang ICS. Hasilnya ternyata tempat pendaratan ikan itu di Bintaro Kecamatan Gapura sangat strategis, hanya saja di lokasi itu perlu dilakukan pengembangan perpanjangan dermaga, sebab masih kurang memadai.

“Dermaga di Bintaro masih kurang memadai perlu dilakukan pengembangan guna memudahkan perusahaan dalam penyerapan ikan dari masyarakat supaya maksimal. Yang jelas kami butuh dukungan pemerintah daerah sekaligus masyarakat demi meningkatkan ekonomi di Sumenep.” tegasnya pada Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama ICS di Ruang VIP Rumah Dinas Bupati, Kamis (24/01/2019).

Pihaknya menyatakan, PT. Perinus menargetkan hasil ikan dari nelayan Sumenep bisa mencapai Rp60 miliar setahun, sehingga membutuhkan bantuan pemerintah daerah untuk penambahan sarana tempat pendaratan ikan.

“Kami yakin jika ICS sudah beroperasi dan mampu menyerap ikan yang kualitasnya bagus bisa mengeskpor ikan dari Sumenep, mengingat secara infrastruktur daerahnya sangat mendukung untuk eskpor itu.” imbuhnya.

Penandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama ICS dilakukan Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si dengan Presiden Direktur PT. Perinus Persero, Dr. Dendi Anggi Gumilang, SE., MM, di Ruang VIP Rumah Dinas Bupati, Kamis (24/01/2019).

Sementara Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengungkapkan, pemerintah daerah siap mendukung pengembangan sarana dan prasarana di dermaga Bintaro Kecamatan Gapura, supaya perusahaan pengelola ICS benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Pasti kami memberikan dukungan pengembangan dermaga itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep atau meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.” tandasnya.

PT. Perinus sebagai pengelola ICS tidak hanya membeli ikan saja dari masyarakat, melainkan juga memanfaatkan masyarakat sebagai pekerja di perusahaannya sesuai dengan kebutuhan. Ujarnya [Rie]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *