close
PENDIDIKAN

Ini Alasan Utama Alwiyah Mundur Sebagai Rektor Unija

IMG_20180411_171527

SUMENEP, kompasmadura.com – Pemunduran diri Alwiyah sebagai Rektor Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Bukan tanpa alasan. Pihaknya, melepas jabatanya akibat pihak Yayasan Arya Wiraraja terkesan tertutup dalam penyusunan Statuta Kampus di cemara udang tersebut, dengan tidak melibatkan pelaksana akademik dari awal.

Alwiyah menjelaskan, ia harus mundur karena sudah beberapa kali meminta yayasan dengan berkirim surat untuk berbicara dengan tim penyusun statuta, namun tidak pernah diindahkan. Jawabannya selalu minta agar langsung dibahas di senat.

“Kita ingin terlibat dari awal agar bisa memberikan masukan, tapi tidak pernah dijawab oleh yayasan. Kalau hanya pertimbangan senat, apa makna pertimbangan,” katanya, melalui sambungan telponya, Rabu (11/04).

Menurut alwiyah, tiba-tiba muncul draf statuta dari yayasan, yang pada prosesnya tidak ada tim dari pelaksana akademik yang dilibatkan. Padahal seharusnya dari awal statuta itu dalam penyusunannya harus melibatkan pelaksana akademik, mulai rektor, pembantu rektor, dekan dan lain-lain.

Sementara terkait Surat Keputusan Rektor Universitas Wiraraja, nomor 13/SK/R/ORG-6/UNIJA/III/2018, tentang Tim Penyusun Revisi Statuta Universitas Wiraraja, tertanggal 21 Maret 2018 yang bertanda tangan Alwiyah, itu berbeda dengan tim yayasan. Yang ia bentuk adalah tim lain untuk mengevaluasi statuta lama bukan membahas draf statuta yang diajukan oleh yayasan.

“Tim itu untuk mengusulkan sendiri draf statuta berdasarkan kita. Sampai rapat terakhir yayasan hari Sabtu (7/4/2018), kita masih minta untuk dilibatkan. Ternyata yang dilibatkan bukan pimpinan universitas, namun yayasan justru melibatkan Dr. Syaifurrahman selau kuasa hukum”, sesalnya.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan jika, dirinya memundurkan diri bukan karena kesibukannya. Namun, karena alasan diatas.”Kalau dibilang sibuk, saya sudah sibuk sejak tujuh tahun lalu,  tapi kesibukan saya terbukti untuk kampus Unija”, tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Yayasan Arya Wiraraja, Unija Kabupaten Sumenep Kurniadi Widjaja membenarkan penguduran diri Alwiyah sebagai rektor, dengan menyatakannya pada konferensi press di depan awak media, Selasa (10/04).

Sedangkan keputusan pengunduran diri Alwiyah sebagai rektor Universitas Wiraraja ditentukan Rabu (11/04) tahun 2018. “Alwiyah megundurkan diri, dengan hormat, dan ucapan terima kasih telah mengabdi di Universitas Wiraraja,” katanya.

Kurniadi membantah, jika penguduran diri tersebut, karena disebabkan ketidak harmonisan antara Rektor dengan ketua Yayasan Arya Wiraraja. Bahkan, jika pihak rektor tidak dilibatkan pimpinan Univrsitas Lembaga Biro, dalam penyusunan statuta.

”Kami telah melibatkannya sebagai bukti kami serahkan surat keputusan Rektor Univeersitas Wiraraja nomer  13/SK/R/ORG-6/UNIJA/III/2018 tentang Tim Penyusunan Revisi Statuta Universitas Wiraraja.”Terangnya. [die/Nin]

Tags : Kampus Unija