close
SUMENEP

Komisi IV Dewan Sumenep Rampungkan Perda Peyelenggaraan Kearsipan

IMG_20180304_192138

SUMENEP, kompasmadura. com – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyelesaikan atau merangpungkan pembahasan Peraturan Daerah (Perda) tentang penyelenggaraan kearsipan.

Perda yang merupakan usul prakarsa DPRD tersebut, baru pertama kali ada sejak Sumenep berdiri pada Tahun 1269. Bahkan, Perda tersebut penting untuk mengukur teknis kearsipan di masing – masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Zubaidi mengatakan pembahasan Perda tentang penyelenggaraan kearsipan sudah rampung seratus persen. Pihaknya, memadukan Pergub dan Undang – Undang terbaru tentang kearsipan dengan muatan lokal.

“Dulu arsip tidak berdaya guna, Tapi adanya regulasi ini, kedepannya pintu masuknya semua persoalan ada dikearsipan. Termasuk pemeriksaan BPK ataupun KPK. Selain itu, OPD tidak akan kebingunangan lagi jika membutuhkan data tahun sebelumnya, ” katanya.

Lanjut Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, setelah Perda tersebut ditetapkan, maka dari pembinaan, pelatihan khusus akan dilakukan. Bahkan, nantinya OPD wajib memiliki tenaga kearsipan.

Dia menambahkan, pihaknya meminta masing-masing OPD, tentunya harus nemiliki gudang arsip dan khusus Dinas Kearsipan memiliki gudang arsip yang lebih besar.

“Nanti harus ada gudang arsip di masing – masing Instansi,” pungkasnya. [die/Nin]

Tags : DPRD