SAMPANG

Raperda Disabilitas Ditarget Rampung Sebelum 3 Desember. Munawi; Kaum Difabel Punya Hak yang Sama

SAMPANG, Kompasmadura.com – Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang hak dan perlindungan difabel suatu harapan bagi penyandang disabilitas di Sampang. Hanya saja, harapan itu belum dapat tersenyum bagi Komunitas Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) di Kota Bahari.

Kendatinya hingga saat ini, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sampang belum mengesahkan Raperda tersebut. “Harapan besar bagi kami jika Raperda disabilitas segera disahkan oleh DPRD Sampang,” harapan Munawi selaku Ketua PPDI Sampang.

Bahwa selama ini, kata Munawi, Raperda tentang hak dan perlindungan bagi disabilitas bentuk penguatan hukum bagi mereka. Sisi lain, adalah hak-haknya kaum disabilitas akan senasib seperti masyarakat pada umumnya (normal,red).

“Belum dikatakan hebat jika Raperda ini belum disahkan. Jika hak kami terpenuhi, maka Sampang hebat bertabat namanya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Sampang Dedi Dores mengaku saat ini rancangan itu sedang dibahas. Politisi mud itu menegaskan pembahasan rancangan itu, dirinya melibatkan banyak instansi atau beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kami sudah komunikasi dan rapat bersama dengan Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosisal (Dinsos) Sampang. Untuk menyusun Raperda tentang difabel,” katanya.

Yang pasti, kata dia, sebelum 3 Desember nanti. Raperda tentang hak dan perlindungan bagi disabilitas telah rampung. Sebab, setiap 3 Desember, dunia memperingati hari disabilitas.

“Soal pengesahannya kita nunggu jadwal, seng penting rampung semuanya. Yang sebelumnya, kami telah menampung aspirasi-aapirasi yang dituangkan oleh beberapa perwakilan difabel,” ujar Dedy Dores.

Dia menambahkan, dari yang disampaikan oleh perwakilan difabel, Pemkab Sampang masih kurang memperhatikan adanya difabel. Untuk itu, pihaknya akan berusaha memenuhi kebutuhan difabel yang ada di Kota Bahari. (Ful/Nin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *