close
SAMPANG

Libur Nataru 2022, Pemerintah Perketat Prokes

IMG_20220102_174949
Wisatawan memakai masker sebelum masuk ke objek wisata.

SAMPANG, Kompasmadura.com – Berlibur bersama keluarga di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi momentum yang berarti bagi masyarakat Madura khususnya warga Sampang. Mereka menghabiskan waktu bersama sanak dan kerabat diberbagai objek wisata.

Berlibur pada Tahun ini tentu sangat berbeda dibandingkan libur sebelumnya. Liburan di masa pandemi Covid-19 ini, tentu mereka kudu mengikuti aturan Peraturan Kesehatan (Prokes).

Di satu sisi pemerintah memberikan kesempatan masyarkat untuk beraktivitas. Tetapi masyarakat juga harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Beberapa hari yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) telah sosialisasikan kepada pemilik objek wisata bagaimana harus mematuhi Prokes,” kata Kadisporabudpar Marnilem melalui Kasi pemasaran dan informasi wisata M. Syahroni.

Pemberlakuan tersebut, kata Roni menjadi sangat penting dengan tujuan agar tidak terjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19. Mengingat, libur Nataru kali ini akan terjadi lonjakan masyarakat yang berwisata.

“Pemilik atau pengelola wisata harus menyiapkan, menyediakan termogen, cuci tangan, masker dan lainnya. Serta wisatawan harus mengikuti Prokes Covid-19,” ujarnya kepada kompasmadura.com.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dari instansi Polri-TNI ikut andil dalam pengawasan sepanjang libur Nataru kali ini. Seperti, TNI-Polri bertugas di setiap objek wisata.

“Di lokasi (wisata,red) prokes benar-benar dijaga agar tidak terjadi penularan, karena banyak orang yang membuka maskernya saat di rest area,” tuturnya. (Ful/Nin)

 

Tags : Wisata