close
SUMENEP

Babinsa Koramil Rubaru Lakukan Pendampingan Petani Bawah Merah Di Desa Basoka

IMG_20211211_140708

SUMENEP, kompasmadura.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0827/13 Rubaru Serma M. Maksum melaksanakan kegiatan pendampingan petani dalam mengolah dan merawat tanaman bawang merah milik warga di Desa Basoka Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep. Jumat (10/12/2021).

Serma Maksum mengatakan kondisi alam di Kabupaten Sumenep khususnya di wilayah Rubaru yang sebagian besar merupakan pegunungan dan perbukitan serta beriklim tropis sangat cocok untuk pertanian yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dalam menanam berbagai macam tanaman palawija, salah satunya tanaman bawang merah.

“Komoditi tanaman bawang merah dengan masa umur tanaman yang pendek sangat di minati para petani, khusus nya para petani di wilayah kecamatan Rubaru,” jelas Serma Maksum.

Serma Maksum juga menambahkan bahwa permintaan bawang merah di pasaran terus meningkat, tentunya harus diimbangi dengan produksi hasil tanaman yang juga meningkat. Untuk mencapai target hasil produksi tanaman berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan kegiatan pendampingan kepada petani bawang merah di Desa Basoka Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, Kegiatan ini dimulai dengan pengolahan lahan, pemilihan bibit bawang merah berkualitas tinggi, penanaman bibit, pemupukan, dan penyemprotan serta perawatan tanaman sampai masa panen selesai. Dalam melaksanakan pendampingan petani, pihaknya juga menghimbau dan mendorong para petani untuk memanfaatkan lahan yang belum di tanami untuk dijadikan lahan produktif.

“dengan memanfaatkan lahan yang belum ditanami menjadi lahan produkstif, sehingga dapat menghasilkan bahan produksi pertanian yang dapat memberikan income bagi para petani.”Tambahnya.(din/rus)

Tags : Kodim sumenep