SUMENEP

Dinkop UKM dan Perindag Sumenep Ajak UMKM Ikuti Pelatihan Total Quality Management


SUMENEP, Kompasmadura.com
Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) di kabupaten Sumenep mengikuti kegiatan Pelatihan Total Quality Management yang dilaksanakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro, Perindustian dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perindag) Kabupaten Sumenep.

Kegiatan Pelatihan yang merupakan Program Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro Dan Kecil (PK 2UMK) tersebut digelar selama tiga hari mulai tanggal 21-23 Nopember 2023, bertempat di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si, Pada Pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan, melalui kegiatan Pelatihan Total Quality Management diharapkan para peserta yang merupakan pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengahi (UMKM) di Sumenep benar-benar dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk menambah wawasan dari para pemateri sehingga bisa di praktekkan di tempat usahanya masing-masing.

” Kami sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini agar para pelaku usaha khususnya UMKM di Sumenep semakin maju dan berkembang serta dapat mengelola usahanya dengan baik,” ungkap Chainur Rasyid, para pembukaan kegiatan Total Quality Management bagi UMKM, Selasa (21/11/2023).

Jadi tegas pria berpenampilan kalem ini para pelaku UMKM terus melakukan upaya-upaya mengembangkan usahanya, baik dari sisi meningkatkan kualitas produksi, pemasaran hingga management yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Sehingga, kedepan dapat terus meningkatkan usaha dengan baik yang tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Sebab, seiring berkembangnya usaha UMKM akan semakin membutuhkan tenaga kerja baru sehingga terus bergerak mengurangi jumlah pengangguran khususnya di wilayahnya. Sebagai dampaknya perekonomian masyarakat juga semakin bertumbuh dan berkembang.

“Nah untuk mewujudkan itu semua tolong kualitas produk benar-benar dijaga dan diperhatikan, termasuk dalam pengelolaan management yang baik akan menambah kepercayaan konsumen yang akan terus menjadi pelanggan apabila kualitas dan pelayanannya bagus,” tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan, Kerjasama dan UKM Dinkop UKM dan Perindag Sumenep, Noer Lisal Ambiya, ST, MT , menjelaskan, kegiatan Pelatihan Total Quality Management bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan para pelaku UMKM dalam rangka pengoptimalkan kualitas produksinya serta memiliki kemampuan management yang baik dalam menjalankan usahanya.

“Melalui kegiatan pelatihan ini juga untuk menciptakan para pelaku usaha agar dapat meningkatkan kualitas produknya serta dalam pengelolaan management usahanya,” Tandasnya.

Dikatakan, kegiatan Pelatihan Total Quality Management juga sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sumenep dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan para pelaku UMKM khususnya di Sumenep.
Karenanya dalam kegiatan pelatihan yang diikuti sebanyak 30 pelaku UMKM yang tersebar disejumlah kecamatan di Sumenep, kali ini pihaknya menghadirkan nara sumber atau mentor kompeten di bidangnya.
“Hal ini agar bisa saling mengisi dalam metode pemaparan dan tanya jawab dengan peserta yang dilaksanakan selama Diklat.”paparnya.

Sedangkan, Pelatihan Total Quality Management ini merupakan Program Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Mikro Dan Kecil (PK 2UMK) yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik kabupaten Sumenep tahun 2023, Dinkop, UKM dan Perindag kabupaten Sumenep.(rus/Nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *