close
SUMENEP

Dinkop, UKM Dan Perindag Sumenep Kembali Gelar Diklat Digital Marketing Bagi UMKM

IMG-20231010-WA0017


SUMENEP, Kompasmadura.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop, UKM dan Perindag) kabupaten Sumenep menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Digital Marketing Bagi para pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan di era new normal tersebut merupakan program Peningkatan Kapasitas Koperasi Usaha Mikro Dan Kecil (PK2UKM) di kabupaten Sumenep tahun 2023.

Kepala Dinkop, UKM dan Perindag kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si, mengungkapkan, melalui kegiatan Diklat Digital Marketing Bagi UMKM tersebut diharapkan dapat memberikan semangat dan bekal pengetahuan di bidang digital marketing bagi para pelaku UMKM di Sumenep, sehingga dapat memiliki wawasan khususnya di bidang pemasaran diera digital.

“melalui kegiatan Diklat digital marketing ini tentunya diharapkan para pelaku UMKM di Sumenep dapat mengembangkan usahanya menyongsong tantangan era teknologi yang mau tidak mau, suka tidak suka akan dilalui.”ujar Chainur pada Pembukaan Diklat Digital Marketing Bagi UMKM, di Aula UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Sumenep, Senin (10/10/2023).

Menurutnya, melalui Diklat digital marketing ini para UMKM disamping terus dimotivasi untuk melakukan pembenahan demi peningkatan usaha yang lebih luas lagi. Sehingga, dibutuhkan kesiapan dari para UMKM untuk melalui tantangan dengan memperbaiki kualitas dan produksinya sehingga biasa bersaing tidak hanya di daerahnya, namun sudah global menasional bahkan internasional.

Diakui Chainur, jika UMKM memiliki peluang untuk terus tumbuh dan memiliki skill menghadapi era digital dimasa news normal dengan terus bergerak, berkompetisi dan berdaya saing . Sebab, saat ini ribuan UMKM yang ada sudah mulai bangkit dan menggeliat untuk terus mencari informasi salah satunya ilmu digital marketing yang terus berkembang.

” Kami berharap selesai kegiatan ini peserta sudah bisa langsung action mempromosikan produksinya melalui berbagai media yang ada dengan hanya HIP Android di tangan, sudah mampu menguasai pasar,” tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan, Kerjasama dan UKM Dinkop, UKM dan Perindag Sumenep, Noer Lisal Ambiya, ST, MT, menjelaskan, kegiatan Diklat digital marketing bagi UMKM diera new normal ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 10-12 Oktober 2023, dan diikuti sebanyak 50 orang yang merupakan para pelaku UMKM di Sumenep.

“Melalui Diklat ini diharapkan para UMKM nantinya dapat meningkatkan dan mengoptimalkan keterampilannya khususnya dibidang pemasaran melalui digital,”paparnya.

Disamping itu para peserta yang merupakan pelaku UMKM yang selama ini sudah berjalan usahanya dapat lebih meningkatkan produktifitasnya sehingga bisa terus berkembang dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Karenanya, kegiatan ini juga sebagai bentuk pepedulian Pemkab Sumenep dalam pemberdayaan UMKM di Sumenep.

Sekedar diketahui, kegiatan Diklat Digital Marketing era new normal ini merupakan Program kegiatan Dinkop, UKM dan Perindag Sumenep melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik kabupaten Sumenep Tahun Anggaran 2023.(Rus/Nin)

Tags : Diskop