close
SUMENEP

Dinkop UKM dan Perindag Sumenep Gelar
Sosialisasi Perijinan dan legalitas Usaha Bagi Pelaku UMKM

IMG-20230516-WA0238


SUMENEP, Kompasmadura.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro (UKM), Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sumenep menggelar Sosialisasi Perijinan dan legalitas Usaha Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tahun 2023 bertempat di Gedung KPRI Sumenep.

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini, mulai tanggal 16-17 Mei 2023 ini diikuti sebanyak 50 orang terdiri dari para pelaku UMKM yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si, pada pembukaan kegiatan sosialisasi perizinan tersebut mengungkapkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan para pelaku UMKM di kabupaten Sumenep dapat mengurus perizinan dan legalitas produk usaha yang selama ini belum memiliki legalitas.

“Ini merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar usahanya memiliki izin dari legalitas produk, sehingga produknya bisa diterima hingga di toko modern,’ ujar Chainur, Selasa (16/05/2023).

Menurutnya disamping produk makanan dan minuman dan lainnya yang harus memiliki lebel halal, yang tidak kalah pentingnya adalah juga memiliki perijinan dan legalitas sesuai dengan ketentuan yang ada.

Sebab, jika sudah memiliki perizina dan legalitas produk yang benar tentunya akan mudah memasarkan produknya ke berbagai toko modern seperti Indomaret Alfamart dan sebagainya. Apakagi diera global saat ini semua pelaku usaha akan berkompetisi untuk mengembangkan usahanya.

“jadi harus memiliki produk terbaik dan tidak hanya ikut-ikutan menjual produk tanpa memperhatikan kualitas produknya.” Tandasnya.

Disamping itu kemasan produk sangat penting diperhatikan selain rasa pada produk makanan dan minuman. Kemudian komposisi, kadaluarsanya, penyimpanan seperti apa harus diperhatikan dengan terus berusaha dan mencoba menghasilkan produk yang terbaik.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan, Kerjasama dan UKM Dinkop UKM dan Perindag Sumenep, Drs RB Moehammad Asy’ari , menjelaskan, menjelaskan kegiatan sosialisasi perizinan dan legalitas Usaha Bagi Pelaku UMKM tersebut bertujuan dapat memberikan Fasilitasi dan pendampingan kepada pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah tentang kemudahan pengurusan perijinan usaha dan memfasilitasi pelaku usaha tentang perijinan usaha dan memberikan pemahaman tentang pentingnya legalitas usaha.

“Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pengayaan ide bagi UMKM serta sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan usaha ;pelaku UMKM.”tambahnya.(rus/Nin)

Tags : Diskop