Jatim

Mahasiswa Fakultas Hukum UMM, Sosialisasikan Pentingnya Perseroan Bagi UMKM

Sebanyak Empat orang Mahasiswa Fakultas Hukum Unversitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan Mohammad Iqbal, Nurmansyah, Okfrizal Irfananda dan Muhammad Rafi mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pentingnya Pembentukan Perseroan Perorangan bagi UMKM Safehouse Ground yang terletak di Jl. Joyosuko Timur No. 3, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Namun dalam kegiatan tersebut, para Mahasiswa UMM menjelaskan hal-hal yang terkait Perseroan Perorangan yang meliputi pengertian Perseroan Perorangan, Dasar Hukumnya, Syarat-syarat pendiriannya. Kemudian manfaat dan Kenapa PT Perorangan atau Perseroan Perorangan Penting bagi UMKM, Tidak hanya itu, lebih lengkapnya para mahasiswa UMM juga memaparkan melalui media teknologi berupa alur proses pendaftaran PT Perorangan, yang nantinya diharapkan dari adanya penjelasan tersebut dapat mempermudah mas Alif Raka Maulana beserta pengusaha UMKM yang ingin mendafatarkan usahanya menjadi PT Perorangan.

Perseroan Perorangan merupakan jenis badan hukum baru yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dengan adanya perseroan perorangan tersebut, maka pelaku usaha dalam hal ini usaha mikro dan kecil, dapat membentuk perseroan terbatas yang pendirinya cukup 1 (satu) orang.

Program Lab FH UMM ini merupakan inisiasi akhir dari Mata Kuliah PLKH II yang tengah ditempuh para Mahasiswa Semester 6 (Enam) pada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan dilaksakan pada hari Selasa tanggal 31 Mei 2022.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar memberi pengetahuan pada pengusaha UMKM dengan harapan para pengusaha dapat mengetahui serta memahami bahwa pembentukan Perseroan Perorangan dapat memberikan banyak manfaat khususnya dalam membangun sebuah usaha.” ucap Mohammad Iqbal.

Para mahasiswa tersebut juga berharap, dengan diadakannya sosialisasi ini dapat membuat para pengusaha UMKM berminat mengembangkan usahanya menjadi Perseroan Perorangan yang cangkupan jelas lebih luas dan terjamin secara Hukum Positif.

Adapun kelebihan lain yang dimiliki oleh perseroan perorangan adalah sebagai berikut:

1. Memberikan perlindungan hukum melalui pemisahan kekayaan pribadi dan perusahaan dalam bentuk pernyataan modal, sekaligus memudahkan para pelaku usaha dalam mengakses pembiayaan dari perbankan.

2. Pendiriannya mudah, cukup dengan mengisi form pernyataan pendirian secara elektronik sehingga tidak memerlukan akta notaris.

3. Undang-Undang Cipta Kerja mengubah rezim pengesahan menjadi rezim pendaftaran, termasuk bagi perseroan perorangan. Untuk itu, status badan hukum perseroan perorangan diperoleh setelah mendaftarkan pernyataan pendirian secara elektronik dan mendapatkan tanda bukti pendaftaran.

4. Biaya yang diperlukan untuk mendirikan perseroan perorangan sangat terjangkau, yaitu Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah).

5. Bebas menentukan besaran modal usaha.

6. Dibebaskan dari kewajiban untuk mengumumkan dalam Tambahan Berita Negara sebagai bentuk penyederahanaan birokrasi.

7. Bersifat one-tier dimana pemilik akan menjalankan operasional perseroan sekaligus melakukan pengawasan.

8. Tarif pajak yang rendah, dalam hal ini disamakan dengan tarif pajak untuk UMKM.

Dalam wawancara tersebut, Alif Raka Maulana terlihat begitu antusias menanggapi pertanyaan dan penjelasan yang diajukan oleh para Mahasiswa Fakultas Hukum UMM tersebut. Alif Raka Maulana pun mengaku berterimakasih atas inisiasi keempat Mahasiswa Hukum UMM yang telah memberikannya banyak pemahaman mengenai seberapa pentingnya Perseroan Perorangan serta penyuluhan langkah-langkah yang harus ditempuhnya untuk membentuk bisnis kecilnya menjadi Perseroan Perorangan,Melihat respon dan tanggapan dari Mas Alif terkait sosialisasi yang disampikan oleh para mahasiwa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sepertinya ia tertarik untuk mendaftar PT Perseorangan. Semoga hal tersebut menjadi dobrakan untuk para pelaku usaha untuk legalitas Usahanya.

Kegiatan ini tak lepas dari bimbingan serta dukungan oleh Instruktur Lab FH UMM Elvira Fitri Hasanah, S.H. Terkait dengan informasi seputar Pentingnya Pembentukan PT Perorangan bagi UMKM dikalangan masyarakat yang membuka sebuah usaha.

 

 

 

Penulis : Nurma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *