SUMENEP

Resmi Dilantik, HIPMI PT UNIJA Sumenep Siap Cetak Pengusaha Muda

SUMENEP, Kompasmadura.com – Untuk terus melahirkan dan menciptakan wirausaha muda. Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Sumenep. Secara resmi melantik Pengurus HIPMI Perguruan Tinggi (PT) Universitas Wiraraja Madura periode 2020-2021, pada Sabtu (19/06/2021).

Pelantikan dan pengukuhan pengurus yang sebelumnya juga telah dilangsungkan musyawarah besar tersebut dihadiri langsung oleh Achmad Fauzi (Bupati Sumenep), Achmad Yunus (Ketua Umum BPC Hipmi Sumenep), Sjaifurrahman (Rektor Universitas Wiraraja), beserta dengan beberapa sejumlah pengusaha muda di Kabupaten Sumenep.

Achmad Yunus Ketua Umum BPC HIPMI Sumenep yang hadir pada saat itu, dalam sambutannya dirinya menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya bersama dengan BPC HIPMI telah mengelilingi kebeberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep. Seperti pulau Kangean, Sapeken, Pagerungan, Saebus dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

Pada saat dikepulauan itu, pihaknya bersama dengan pengurus HIPMI menemui dan berjumpa dengan beberapa lulusan sarjana mahasiswa perguruan tinggi yang kembali kedaerahnya. Mirisnya, menurut Achmad Yunus rata-rata lulusan sarjana perguruan tinggi itu bingung untuk bekerja apa, dan sulit untuk mencari lowongan pekerjaan.

“Artinya ada persoalan yang harusnya menjadi tanggung jawab kita bersama”, ungkap Achmad Yunus saat acara pelantikan di Java in Hall Sumenep.

Lanjut Yunus, mayoritas para lulusan sarjana itu lebih memilih ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan lain sebagainya. Padahal menurutnya, jika melihat kuota pengambilan jumlah CPNS dibandingkan dengan jumlah lulusan perguruan tinggi itu tidak sebanding. Lebih banyak lulusan perguruan tinggi. Sementara, lulusan sarjana yang ingin mengembangkan jiwa interprenuer atau berwirausaha justru sangat minim.

“Oleh karena itu, harapan kami kepada HIPMI PT terutama yang ada diperguruan tinggi. Tolong agar interprenuership itu mulai disebarkan hari ini”, tegas Yunus dihadapan para pengurus HIPMI PT Unija.

Dan hal itu, tambah Yunus bisa dilakukan bagi para mahasiswa yang saat ini masih aktif diperguruan tinggi sesuai dengan tujuan dan visi misi HIPMI yaitu mencetak wirausahan muda.

Selaras dengan hal itu. Achmad Fauzi Bupati Sumenep dihadapan peserta dan para pengurus HIPMI PT Unija, dirinya menyampaikan dan mengapresiasi terbentuknya himpunan pengusaha muda ditingkat perguruan tinggi.

Menurutnya, tujuan dari para pengusaha termasuk pengusaha muda ini memiliki andil besar dalam pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan tujuan membantu membuka lapangan kerja bagi masyarakat dengan berbagai profesi usaha.

Namun kuncinya, lanjut Achmad Fauzi. Sebagai mahasiswa yang aktif menjadi pengusaha juga harus memiliki mindset dan tujuan. Karena hal itu, menurutnya akan menjadi modal awal bagi terciptanya jiwa interprenuer khususnya bagi para pengusaha yang saat ini masih aktif diperguruan tinggi.

“Pada saat kalian menjadi mahasiswa tidak pernah tau tujuan. Maka tidak akan pernah sampai pada tujuan itu”, ungkap Bupati Achmad Fauzi saat menghadiri pelantikan Ketua dan Pengurus HIPMI PT Unija Kabupaten Sumenep.

“Sering saya sampaikan seorang pengusaha itu tidak pernah melihat sesuatu itu sulit. Tidak pernah melihat sesuatu itu berat”, tambahnya.

Sementara itu, Siti Rahemah Ketua Umum HIPMI PT Unija yang juga aktif sebagai mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unija, pihaknya mengungkapkan dengan berdirinya himpunan pengusaha ditingkat perguruan tinggi ini, nantinya kedepan akan menjadi inkubator bagi terciptanya wirausahawan muda khususnya mahasiswa di Kabupaten Sumenep Madura.

“Semoga kedepannya, HIPMI PT Unija bisa lebih banyak berkolaborasi┬ádan siap menjalin bisnis ditingkat mahasiswa perguruan tinggi lainnya”, tegasnya. (Ras/Nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *