close
SAMPANG

Sebanyak 550 Relawan, Bersihkan Sampah Sungai Kali Kemuning

IMG_20190503_205547
Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat didampingi Kepala BPBD Sampang Anang Djoenaidi memantau langsung bersih sungai.

SAMPANG, kompasmadura.com – Usai digelar apel sekolah sungai di Lapangan Wijaya Kusuma, sebanyak 550 relawan sekolah sungai melanjutkan kegiatan bersih-bersih Sungai Kali Kemuning Sampang, Jumat (3/5/2019).

Hasil pantauan kompasmadura.com, mereka terlihat kompak dan serius menjaga kebersihan sungai dengan cara memungut sampah-sampah kemudian dimasukkan ke kantong plastik.

Aksi bakti sosial itu dipantau langsung Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dan didampingi Kepala BPBD Sampang Anang Djoenaidi dengan menggunakan perahu karet.

“Alhamdulillah, sungai sudah bersih. Jadi relawan bekerja dengan baik,” kata Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat.

Kegiatan ini diupayakan berkelanjutan. Karena bisa menekan dan mengurangi bencana banjir yang salah satu penyebabnya faktor sampah. “Kami mengapresiasi program ini, sangat bagus dan perlu dilaksanakan ke wilayah lainnya,” ujar H. Ab sapaannya.

Mantan Ketua AKD Sampang berpesan relawan tetap menjaga kondusifitas yang ada di sungai terutama sampah. Apalagi, pemerintah telah menetapkan dan menambah petugas yakni polisi sungai.

“Masyarakat juga ikut andil menjaga kebersihan sungai kali Kemuning. Maka dari itu tetap besenergi antara petugas dan masyarakat,” pungkasnya.

Senada disampaikan Kepala BPBD Sampang Anang Djoenaidi. Dia menuturkan, kegiatan ini bagian dari program instansinya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, masih kata Anang, sekolah sungai ini berharap semua pihak untuk menjaga kebersihan sungai. Sehingga bisa mengurangi bencana banjir.

“Karena itu kami melibatkan relawan sekolah sungai dan polisi sungai yang membantu BPBD menjaga kebersihan sungai kali Komuning,” ujarnya. [Ful/Nin]

Tags : BPBDRelawan Sekolah sungai