close
SUMENEP

Dewan Sumenep Dukung Rencana Pembangunan Berbasis Masyarakat

IMG_20180313_061904
Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Herman Dali Kusuma

SUMENEP, kompasmadura.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep sangat mendukung terhadap upaya perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten paling ujung timur pulau madura ini yang berbasis masyakat yang dilakukan oleh Eksekutif.

Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Herman Dali Kusuma mengatakan konsep perencanaan yang bersifat partisipatif terhadap kebutuhan masyarakat menjadi peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan didaerah.

“Maka dari itu, DPRD Sumenep selaku lembaga pengemban amanat masyarakat, selalu mendukung terhadap upaya Bupati beserta jajarannya dalam mengelorahkan pembangunan yang berbasis masyarakat ini,” katanya, saat menyampaikan pokok-pokok pikiran saat acara Musrembangkab, di pendopo agung, Senin (12/03/2018).

DPRD Sumenep memberikan input atau masukan berupa pokok – pokok pikiran dalam pembahasan perencanaa pembangunan dibumi sumekar ini, yang berdasar dari hasil hasil reses atau serap aspirasi yang dilakukan oleh wakil rakyat didaerah pemilihannya masing – masing.

“Besar harapan pokok-pokok pikiran itu dapat tertuang dalam penyusunan prioritas pembangunan yang dibahas pada Musrenbangkab kali ini,” harapnya.

Lanjut Herman, Pokok pikiran tersebut terkait infratruktur dan pembangunan fisik sebanyak 7 point, bidang pemerintahan 2 point, bidang ekonomi dan keuangan point masukan, serta bidang kesejahteraan sosial sebanyak 3 point. “secara spesifik detail secara spesifik sebelum pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun 2019,” ujarnya.

Selain itu, Politisi dari PKB ini, menuturkan pola kemitraan legislatif dan eksekutif berjalan dengan baik. Hal tersebut, terlihat adanya prestasi dengan penyusunan APBD pada Tahun 2018 selesai tepat waktu.

Kendati demikian, sambung herman, tetap menghimbau kepada seluruh jajaran eksetutif di Kabupaten Sumenep agar dapat menyelesaikan penyusunan APBD yang tepat waktu setiap tahunnya. [die/Nin]

Tags : Ketua DPRD