close
SPORT

Pantau Pelatnas, JK Optimis Indonesia Masuk 4 Besar SEA Games

IMG_20170718_152635
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) menyalami tim voli Indonesia saat meninjau Padepokan Voli Sentul di Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/7). [Antara]

JAKARTA, Kompasmadura.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis tim taekwondo dan voli mampu meraih medali emas di ajang SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus 2017.

Optimisme tersebut muncul setelah Wapres memantau langsung persiapan pemusatan latihan (pelatnas) taekwondo dan voli hari ini, Selasa (18/7/2017).

“Saya lihat dari kesuksesan dan sarana latihan sangat optimis bahwa tadi taekwondo dan voli ini cukup baik, apalagi dilaporkan bahwa targetnya memang emas,” kata Wapres usai meninjau latihan Tim Voli Nasional di Padepokan Bola Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, Wapres telah meninjau Pusat Pelatihan Prima Atlet Taekwondo di Cibubur, Jakarta Timur.

Menurut JK, yang juga ketua pengarah Panitia Penyelenggara Asian Games 2018, SEA Games sangat penting untuk mengukur kemampuan tim Indonesia di wilayah Asia Tenggara, sebelum maju di ajang Asian Games 2018.

“Kita optimis, setidak-tidaknya di posisi empat-lah,” kata dia.

Menanggapi hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang turut mendampingi Wapres, mengatakan SEA Games adalah “pintu masuk” untuk pencapaian yang lebih tinggi lagi di ajang Asian Games.

“Karena itu kita berharap betul seluruh capaian olahraga maksimal di sini, target yang diharapkan itu harus bisa tercapai dengan baik dan saya bersyukur bola voli dan taekwondo ini targetnya melebihi seperti yang di Singapura 2015,” kata dia.

Indonesia meraih posisi kelima dengan perolehan 47 medali emas pada SEA Games Singapura 2015.

Sementara untuk SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Indonesia menargetkan posisi empat besar dengan perolehan 61 medali emas.

Di lain pihak, Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Marciano Norman menjelaskan target tim taekwondo Indonesia di pentas SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

“Untuk SEA Games dan Asian Games kami targetkan masing-masing dua medali emas di dua nomor pertandingan,” kata Marciano.

Marciano juga menjelaskan 16 atlet anggota tim Taekwondo nasional yang akan berangkat ke Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, dan untuk Asian Games Jakarta 2018 serta Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan 2018 dilatih oleh dua mantan atlet Taekwondo asal Korea Selatan.

“Alat-alat dan perlengkapan latihan semuanya yang akan digunakan di SEA Games Malaysia, kami juga bertanding di kejuaraan internasional, kemarin di Austria untuk mengukur kemampuan,” kata dia.

Marciano menambahkan, ajang SEA Games 2017 juga akan menjadi evaluasi bagi tim taekwondo Indonesia untuk persiapan Asian Games 2018.

“SEA Games juga akan kami jadikan evaluasi dan tolok ukur (sebelum Asian Games 2018),” kata dia.

Sebagai tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Indonesia menargetkan berada di posisi delapan besar dengan perolehan 20 medali emas. (Antara)

Tags : Pelatnas