close
Lifestyle

Ini 4 Kriteria Wajib untuk Menjadi Seorang Pemimpin

IMG_20170628_214157

Kompasmadura.com – Menjadi seorang pemimpin kerap menjadi sebuah tujuan seseorang dalam menjalani kariernya. Tidak mudah memang untuk bisa menjadi seorang pemimpin, karena 4 kriteria yang wajib dipenuhi dan dimiliki oleh seorang pemimpin.

Apa saja kriteria-kriteria tersebut? Simak ulasannya:

1.Disiplin
Tidak hanya sekedar mampu memimpin, seorang pemimpin juga harus memiliki sebuah sikap disiplin yang baik. Bagaimana mungkin ia mampu mengatur bawahannya bila ia kesulitan untuk mengatur ritme pekerjaannya sendiri. Jadi, bila pekerjaan Anda tidak dapat Anda selesaikan dengan tepat waktu, silakan periksa kembali sikap disiplin Anda.
 
2.Mampu berkomunikasi dengan baik
Seorang pemimpin juga kerap kali menjadi seorang penengah, jika ada masalah di dalam tim yang dipimpinnya. Untuk membuat permasalahan yang ada dapat terselesaikan dengan baik, kemampuan Anda dalam berkomunikasi sangat diperlukan. Selain untuk meminimalisir suatu kesalahpahaman, komunikasi yang baik juga mampu membuat rekan kerja Anda dapat mengerti sesuatu yang Anda maksud dengan waktu yang relatif cepat.
 
3.Antisipatif
Selain mampu memecahkan masalah dengan baik, seorang pemimpin juga harus memiliki sikap antisipatif dalam memutuskan segala hal. Selain mencegah terjadinya suatu kesalahan dan permasalahan di dalam tim Anda, sikap antisipasif juga dapat membuat tim Anda dapat melangkah lebih nyaman serta mampu mengerjakan tugas-tugas dengan lebih baik pastinya.

4.Mengendalikan emosi
Kemampuan untuk mengendalikan emosi memang menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap pekerja profesional, terlebih seorang pemimpin. Untuk menjadi seorang yang tegas, Anda tidak harus meluapkan emosi begitu saja. Selain membuat Anda terlihat profesional, Anda juga mampu membuat rekan kerja merasa nyaman untuk bekerja bersama Anda.

Published by
Tags : Famale