close
PENDIDIKAN

Wabup Sumenep Berharap Siswa Juara di KSN SMA sederajat jangan berpuas diri

IMG_20200310_140530

SUMENEP, Kompasmadura.com – Peserta sebanyak 511 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Negeri/Swasta se-Kabupaten Sumenep mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun 2020, yang diadakan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep.

Bahkan siswa SMA tersebut mengikuti KSN di sembilan mata pelajaran yang dilombakan, yakni Fisika, Kimia, Matematika, Biologi, Kebumian, Astronomi, Geografi, Informatika dan Ekonomi.

“Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, sebagai sarana menumbuhkan kepercayaan diri serta mencetak bibit-bibit unggul siswa-siswi SMA sederajat di Kabupaten Sumenep,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi SH,  di sela-sela pembukaan KSN di kampus STKIP PGRI Sumenep, Selasa (10/03/2020).

Wabup berharap, siswa peserta memanfaatkan KSN untuk menunjukkan kemampuannya supaya kegiatan ini bukan sekedar kegiatan kompetisi menentukan menang atau kalah semata, namun menjadi ajang motivasi dan wadah menggali potensi diri untuk mendapatkan prestasi.

“Kegiatan ini harus mampu melahirkan siswa bertalenta dan berkarakter supaya menjadi generasi muda yang mampu berkontribusi pada pembangunan daerah melalui ilmu pengetahuannya,” tuturnya.

Pihaknya mengungkapkan, siswa juara di KSN SMA sederajat jangan berpuas diri, karena masih ada jenjang lebih tinggi yakni KSN Provinsi, sehingga mereka yang terpilih bisa berkompetisi ke tingkat lebih tinggi juga mendapatkan prestasi bahkan sampai tingkat nasional.

“Diharapkan, pihak terkait dengan kegiatan ini melakukan evaluasi kemampuan siswa, agar meraih prestasi di tingkat provinsi dan nasional,” tegas Wabup.

Pembukaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA dan MA Negeri/Swasta Kabupaten Sumenep Tahun 2020, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis dan pelepasan balon oleh Wabup Achmad Fauzi.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep, Sugiono menambahkan, sebanyak 511 siswa KSN SMA sederajat rinciannya yakni mata pelajaran Fisika sebanyak 54 siswa, Kimia sebanyak 73 siswa, Matematika sebanyak 73 siswa, Biologi sebanyak 79 siswa, Kebumian sebanyak 43 siswa, Astronomi sebanyak 30 siswa, Geografi sebanyak 74 siswa, Informatika sebayak 53 siswa dan mata pelajaran Ekonomi diikuti 55 siswa.

“Kami memilih di setiap mata pelajaran yang dilombakan sebanyak 3 siswa terbaik dan siswa terbaik pertama setiap mata pelajaran, terpilih sebagai wakil Kabupaten Sumenep untuk mengikuti KSN tingkat Provinsi Jawa Timur,” ujarnya (Ras/Nin)

Tags : KSN SMAWabup Sumenep