close

LIGA 1

LIGA 1

Taklukkan Madura United, Persib Juara Liga 1 2023/2024

IMG_20240531_211223

BANGKALAN, Kompasmadura.com – Persib Bandung juara Liga 1 2023/2024. Maung Bandung memastikan juara usai menang 3-1 atas Madura United, dengan agregat 6-1.

Persib Bandung bertandang ke markas Madura United di Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024) pada leg kedua final Championship Series Liga 1 2023/2024. Tuan rumah dalam posisi tertinggal telak 0-3, sehingga memaksa mereka untuk main menyerang.

Namun justru Persib yang menebar ancaman tiada henti, dengan sundulan David da Silva cuma mengenai mistar gawang pada menit keenam.

Sebuah sepakan dari Malik Risaldi menyambar umpan dari Koko Ari Araya belum cukup mengancam Persib pada menit ke-25. Bola meluncur ke atas gawang.

Serangan cepat Persib, melibatkan kerja sama Da Silva dan Alves, nyaris membuahkan hasil. Sepakan Alves masih bisa dihalau Lucas Frigeri

Gol Persib menegaskan keunggulannya pada menit ke-61. Ciro Alves menusuk dari kiri dan melepas sepakan yang cuma bisa dihalau Frigeri. Bola liar disambar Da Silva ke dalam gawang.

Madura United banyak menguasai bola, tapi kesulitan membangun serangan yang rapi dan tertata. Itu memudahkan Persib untuk menghentikan serangan.

Justru Persib kembali mencetak gol pada menit ke-86. Alves merangsek di kiri dan melepaskan umpan tarik, yang disambar Marc Klok dari tengah kotak penalti.

Di masa injury time, Persib sempat menambah gol lagi. Dari serangan balik, Alves menjemput bola yang lepas dari tekel pertahanan Madura United lalu mengoper ke Beckham Putra. Beckham dengan leluasa mencocor bola ke dalam gawang.

Madura United mendapatkan penalti di detik-detik terakhir, dan sukses dituntaskan oleh Slamet Nurcahyo. Namun itu tak mengubah apapun, Persib Bandung juara Liga 1 2023/2024!

Susunan pemain :

Madura United: Frigeri, Novan Sasongko, Fachruddin, Cleberson, Dodi Alexvan, Jaja, Mahler, Rivera, Malik Risaldi, Dalberto, Koko Ari

Persib Bandung: Kevin Mendoza, Henhen, Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa, Dedi Kusnandar, Rahmat Irianto, Febri Hariyadi, Beltrame, Ciro, Da Silva

(Riyan)

Baca Selengkapnya
LIGA 1

Final Championship Series Leg 1 : Persib Bandung Tumbangkan Madura United 3-0

IMG_20240526_205059

BANDUNG, Kompasmadura.com – Persib Bandung menang atas Madura United di leg pertama final Championship Series Liga 1 2023/2024. Maung Bandung menekuk Sape Kerrab 1-0 lewat gol Ciro Alves.

Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024), Persib vs Madura berjalan sengit sejak awal.

Bahkan pada menit ke10, Persib mengancam lewat Stefano Beltrame. Namun, sepakannya masih belum tepat sasaran.

Madura United sendiri punya beberapa peluang. Di antaranya lewat Dalberto Belo, namun upayanya juga belum membahayakan gawang Persib. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Persib bisa mencetak gol ke gawang Madura United. Ciro Alves yang membobol gawang lawan.

Kerja sama apik dilakukan Ciro Alves dengan Ryan Kurnia. Setelah melakukan gerak dummy, Ciro membiarkan bola mengarah ke Kurnia.

Kemudian, pemain Brasil itu bergerak ke kotak penalti, dan Kurnia langsung mengarahkan bolanya ke arah Ciro dengan umpan chip.

Sedqngkan Ciro kemudian langsung mencungkil bola dari sisi kanan kotak penalti, ke arah gawang Madura United. Kiper Lucas Henrique yang agak maju jadi tak mampu menghalau bola, yang diarahkan ke tiang jauh. Gol, Persib unggul 1-0.

Gol itu tak mampu dibalas Madura United sampai akhir laga. Persib malah menambah dua gol lagi lewat David Da Silva di masa injury time. Persib menang 3-0 atas Madura United di leg pertama final Championship Series Liga 1 2023/2024.

Selanjutnya, Persib harus melakoni leg kedua final. Gantian Madura United menjamu Maung Bandung di Gelora Bangkalan pada 31 Mei mendatang.

Susunan Pemain :

Persib Bandung: Kevin Ray Mendoza (PG), Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa, Dedi Kusnandar, Rachmat Irianto, Stefano Beltrame, Febri Hariyadi, Ciro Alves, David da Silva

Madura United: Lucas Henrique (PG), Cleberson de Souza, Dodi Alekvan, Fachruddin Aryanto, Koko Ari, Francisco Rivera, Hugo Gomes, Jacob William, Dalberto, Malik Risaldi, Riyatno Abiyoso

(Riyan)

Baca Selengkapnya
LIGA 1

Bali United Vs Borneo FC Tanpa Gol

IMG_20240525_211232

GIANYAR, Kompasmadura.com – Leg pertama laga perebutan tempat ketiga Liga 1 antara Bali United vs Borneo FC berakhir 0-0. Bali United mesti bermain dengan 10 pemain sejak babak kedua.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Sabtu (25/5) malam WIB, tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan. Ilija Spasosevic menyambut sepak pojok dengan sundulan, meski bola melebar.

Bali United nyaris menciptakan gol pertamanya selepas restart. Sebuah sepak pojok dari sayap kiri ditanduk Elias Dolah, bola ditip Angga Saputro sebelum membentur tiang gawang. Skor “kacamata” menandai paruh pertama.

Bali United mengancam lagi dari set piece. Tembakan bebas Eber Bessa ke arah sudut atas gawang ditepis.

Borneo merespons. Crossing Fajar Fathur Rahman dari sayap kanan disambut Felipe Cadenazzi dengan tandukan dari jarak dekat. Bola masih melayang tipis di atas gawang Bali United.

Bali United kehilangan Eber Bessa usai diganjar kartu merah. Menyusul pelanggaran Eber kepada Kei Hirose.

Bali United membuang peluang emas. Sebuah umpan dari sayap kiri membebaskan Privat Mbarga di depan. Dalam situasi satu lawan satu, penyelesaian Mbarga melenceng.

Pada tiga menit terakhir, Bali United menciptakan peluang lagi. Sundulan pemain pengganti M Rahmat melambung tipis. Angga Saputro keluar dari sarangnya dengan timing yang tepat untuk mencegah Mbarga melakukan penyelesaian.

Mendekati akhir injury time, flare dari suporter menyala. Akibatnya asap memenuhi lapangan permainan sehingga laga dihentikan sejenak.

Laga kemudian dilanjutkan lagi setelah asap menghilang dari area permainan. Bali United menekan Borneo FC tapi tidak ada gol yang tercipta sampai waktu berakhir. Skor 0-0 tetap bertahan.

Leg kedua akan berlangsung di kandang Borneo FC pada 30 Mei mendatang.

Susunan Pemain

BALI UNITED: Adilson Maringa, Jajang Mulyana, Elias Dolah, Ricky Fajrin, Andhika Wijaya, Eber Bessa, Luthfi Kamal, Kadek Agung (M Rashid 107′), Rahmat Arjuna (M Rahmat 72′), Spasojevic (Mbarga 62′), Irfan Jaya (Yabes Roni 62′)

BORNEO FC: Angga Saputro, Silverio, Leo Guntara, Alfharezzi Buffon, Pluim (Habibi Abdul Jusuf 68′), Adam Alis, Terens Puhiri (Wing Nain Tun 83′), Kei Hirose, Fajar Rahman, Lilipaly (M Sihran Amrullah 68′), Cadenazzi

(Riyan)

Baca Selengkapnya
LIGA 1

Leg 2 Semifinal BRI Liga 1 2023/2024, Borneo FC vs Madura United: Skor 2-3

IMG_20240519_211013

BALIKPAPAN, Kompasmadura.com – Madura United memastikan diri lolos ke final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Berhadapan dengan Borneo FC, Laskar Sapeh Kerrab berhasil menang dengan skor 2-3.

Gol kemenangan Madura United dicetak oleh Dalberto dan sepasang gol dari Malik Risaldi. Sementara Borneo FC mampu memperkecil kedudukan berkat gol Muhammad Alfharezzi Buffon dan Felipe Cadenazzi.

Berkat kemenangan ini, Madura United unggul dengan agregat 4-2, sehingga mereka dinyatakan lolos ke final.

Susunan Pemain :

Borneo FC (4-3-3): Angga Saputro; Fajar Fathurrahman, Alfharezzi Buffon, Silverio, Leo Guntara; Adam Alis, Kei Hirose, Hendro Siswanto; Terens Puhiri, Felipe Cadenazzi, Stefano Lilipaly

Pelatih: Pieter Huistra

Madura United (4-3-3): Lucas Frigeri; Dodi Alekvan Djin, Cleberson, Fachruddin Aryanto, Koko Ari Araya; Jacob Mahler, Jaja, Francisco Rivera; Riyatno Abiyoso, Dalberto, Malik Risaldi

Pelatih: Rachmat Basuki (Caretaker)

(Riyan)

Baca Selengkapnya
LIGA 1

Semifinal Championship Series BRI Liga 1, Madura United vs Borneo FC: Skor 1-0

IMG_20240515_210801

BANGKALAN, Kompasmadura.com – Madura United selangkah lagi untuk lolos ke final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Berhadapan dengan Borneo FC di leg pertama babak semifinal, Laskar Sapeh Kerrab berhasil menang dengan skor tipis 1-0.

Gol kemenangan Madura United di laga ini dicetak oleh Jaja dari titik putih di babak kedua.

Berkat kemenangan ini, Madura United punya modal berharga untuk memainkan leg kedua di kandang Borneo FC pada akhir pekan nanti.

Susunan Pemain :

Madura United (4-3-3): Lucas Frigeri; Dodi Alekvan Djin, Cleberson Souza, Fachruddin Aryanto, Koko Ari Araya; Jacob Mahler, Jaja, Francisco Rivera; Riyatno Abiyoso, Dalberto, Riski Afrisal

Pelatih: Rahmat Basuki (Caretaker)

Borneo FC (4-2-3-1): Angga Saputro; Fajar Fathurrahman, Alfharezzi Buffon, Silverio, Leo Guntara; Adam Alis, Kei Hirose; Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, Sihran Amarullah; Felipe Cadenazzi

Pelatih: Pieter Huistra

(Riyan)

Baca Selengkapnya
LIGA 1

Persebaya Kalahkan Persik Kediri Dengan Skor 2-1

IMG_20240428_173734

SURABAYA, Kompasmadura.com – Persebaya Surabaya menutup BRI liga 1 2023/2024 dengan kemenangan. Menjamu Persik Kediri pada laga pekan ke-34, Bajul Ijo menang 2-1 setelah Paulo Henrique bikin gol pada menit 90+2.

Persebaya tidak tampil dengan kekuatan terbaik pada duel hari Minggu, 28 April 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo. Dusan Stefanovic absen. Begitu juga Ernando Ari yang harus membela Timnas Indonesia U-23.

Babak pertama berjalan cukup seru, akan tetapi tidak ada gol yang tercipta. Kubu Persebaya membuka kebuntuan pada menit ke-53 dari aksi Wildan Ramdhani.

Bahkan, hanya berselang empat menit, Persik Kediri mampu menyamakan kedudukan. Pemain pengganti, Fitra Ridwan, mencetak gol ke gawang Andhika Ramadhani.

Akhirnya, pada menit 90+2, Paulo Henrique yang masuk sebagai pengganti jadi penentu kemenangan Persebaya.

Daftar Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Andhika Ramadhani; Arief Catur, Riswan Lauhim, Yan Victor, Reva Adi; Andre Oktaviansyah, Robson Duarte, Kadek Raditya; Kasim Botan, Wildan Ramdhani, Bruno Moreira.

Pelatih: Paul Munster.

Persik Kediri (4-2-3-1): Eko Saputro; Simen Lyngbo, Hamra Hehanussa, Anderson Nascimento, Yusuf Meilana; Adi Eko, Arthur Irawan; Irfan Bachdim, Ze Valente, Faris Aditama; Flavio Silva.

Pelatih: Marcelo Rospide.

(Putri)

Baca Selengkapnya
LIGA 1

Madura United Kalahkan PSM 2-0

IMG_20240421_182202

BANGKALAN, Kompasmadura.com – Tuan Rumah Madura United berhasil mengalahkan PSM Makassar 2-0. Pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024 berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Minggu (21/4/2024).

Sapeh Kerrab bisa membuka keunggulan di menit ke-21. Gol berawal dari pergerakan dari Malik Risaldo di sisi kiri dengan umpan mendatar yang bisa disambar Riyatno Abiyoso untuk berbuah gol.

Madura United punya kesempatan menggandakan keunggulan lewat tendangan dari depan kotak penalti yang dilakukan Jaja. Namun, tembakannya bisa ditepis Reza Arya.

PSM mencoba merespon. Adilson Silva memberi ancaman dari sundulan usai menyambut sepak pojok. Lucas Frigeri tampil gemilang dengan mampu membendung sundulan jarak dekat Adilson.

Pada menit ke-37, Malik sempat menggetarkan jala PSM. Gol tersebut tapi dianulir karena offside.

Madura United akhirnya bisa mencetak gol kedua di menit ke-39. Menerima umpan silang dari sisi kanan, Dalberto melepas tembakan terukur yang bersarang di pojok kiri gawang PSM.

Skor 2-0 untuk Madura United bertahan hingga babak pertama usai.

PSM berusaha mengambil inisiatif menyerang selepas jeda demi mengejar ketinggalan. Kenzo Nambu berusaha mengancam. Upaya masih bisa diamankan Frigeri.

Ananda Reihan giliran mencoba untuk mencetak gol bagi PSM. Frigeri masih sigap dengan terbang menepis bola sepakan jarak jauh Reihan.

PSM lebih banyak menyerang di babak kedua. Meski begitu, Juku Eja tak cukup tajam di depan.

Bahkan tidak ada gol tambahan yang tercipat di babak kedua. Madura United menang 2-0.

Kemenangan ini membuat Madura United terus berada di peringkat keempat dengan 53 angka. PSM di urutan ke-11 dengan 41 poin.

(Riyan)

Baca Selengkapnya
LIGA 1

Derby Suramadu Berakhir Imbang

IMG_20240313_224505

SURABAYA, Kompasmadura.com – Persebaya Surabaya vs Madura United pada laga lanjutan Liga 1 berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (13/3). Tuan rumah mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal.

Robson Duarte punya kesempatan di awal laga. Namun, sepakannya belum menemui sasaran.

Bahkan Madura United berusaha merespon dari usaha jarak jauh Dalberto Belo. Tembakannya bisa diredam Andhika Ramadhani.

Percobaan dari luar kotak penalti oleh tim tamu melalui Malik Risaldi yang giliran melakukan hal serupa. Belum bisa terjadi gol karena bola masih menerpa tiang.

Tidak ada gol yang tercipta hingga turun minum. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Selepas jeda, Yan Victor mengancam lewat tendangan bebas. Lucas Frigeri masih sigap mengamankan bola.

Persebaya nyaris memecah kebuntuan lewat upaya Toni Firmansyah. Namun, tiang gawang menggagalkan usaha Toni.

Kedua tim gagal mencetak gol di sisa laga. Skor 0-0 mengakhiri 90 menit dalam laga yang bertajuk Derby Suramadu ini.

Tambahan satu angka membuat Persebaya kini mengumpulkan 36 poin di posisi ke-11. Madura United naik ke peringkat keempat dengan 46 angka.

(Riyan)

Baca Selengkapnya