close
SUMENEP

Petugas Pantarlih di Kecamatan Pragaan Resmi Dilantik. Ini Kata Ketua PPK Pragaan

IMG-20230213-WA0027
Salah satu petugas Pantarlih Desa Karduluk membacakan pakta integritas.

SUMENEP, Kompasmadura.com – Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kecamatan Pragaan secara serentak melantik Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada Pemilu 2024 mendatang. Di Kecamatan Pragaan itu sendiri, sebanyak 209 orang petugas Pantarlih.

Ketua Komisioner PPK Kecamatan Pragaan Moh. A’la mengatakan, pelantikan petugas pantarlih desa yang dilakukan secara serentak oleh semua PPS merupakan bagian dari jadwal mulainya pendataan dan COKLIT dilapangan yang akan dilakukan para petugas pantarlih.

Terhitung sejak pelantikan dan pengambilan sumpah janji, pembacaan fakta integritas, pemutakhiran data pemilih dilaksanakan mulai tanggal 12 Februari sampai dengan 14 Maret 2023. “Itulah masa coklit atau masa kerjanya petugas Pantarlih,” katanya.

Mantan Komisioner Panwascam Pragaan itu menyampaikan keberhasilan pemilu pada tahun 2024 itu tergantung seberapa berhasil petugas pantarlih dilapangan dalam melakukan coklit. Artinya, dia menjelaskan persiapan Pemilu harus dilakukan secara matang sehingga pada pelaksanaan nantinya dapat berjalan dengan tertib dan aman.

“Tentunya kerjasama dari seluruh pihak sangat dibutuhkan dari mulai Ketua RT/RW hingga masyarakat agar pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dapat berjalan dengan lancar,” harapannya.

Sementara itu, ketua PPS Desa Karduluk Fathorrasyid mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (12/2/2023) pukul 08.00 dan dilaksanakan setiap Desa di Kecamatan Pragaan. Pada hari yang sama, petugas pantarlih juga mendapatkan pembekalan Bimbingan teknis (BIMTEK) Pantarlih dan Apel siaga kegiatan pelantikan tersebut juga di hadiri Panwas Desa dan Kepala Desa.

“Alhamdulilah tadi pelantikan. Petugas pantarlih sudah berjalan secara khidmat dan lancar, petugas pantarlih yang dilantik oleh PPS bertugas melaksanakan Pemutakhiran data pemilih di Desa di setiap TPS, untuk itu saya mengingatkan agar pelaksanaan pemutakhiran data Pemilih nanti dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sesuai dengan pedoman yang sudah dianjurkan oleh KPU,” ujarnya.

Setiap menjalankan tugasnya, kata dia, Pantarlih di Desa wajib berkoordinasi dengan RT dan RW, dan beretitud yang baik dan ramah. Dan jangan lupa selalu menggunakan atribut/seragam yang sudah diberikan. Sehingga menciptakan sebuah pendataan yang jujur, tertib dan amanah sesuai prinsip Pemilu Tahun 2024.

“Saya mewakili KPU, PPK Pragaan Sumenep mengucapkan selamat atas dilantiknya petugas Pantarlih Desa. Dan perlu diketahui, tugas bapak dan ibu adalah melakukan pendataan terhadap calon pemilih Pemilu 2024 yang akan datang. Petugas harus dijalankan dengan profesionalitas tinggi, tolong jaga ucapan dan tingkah laku,” tegasnya.

“Saya harapkan para petugas nanti bekerja dengan baik dengan melakukan pendataan dor tu dor sehingga hasil yang dilakukan petugas pantarlih bisa sesuai dengan yang di harapkan. Karena keberhasilan petugas pantarlih dilapangan sebagai kunci kesuksesan pemilu pada tahun 2024, kami ucapkan selamat bekerja,” sambungnya. (Ful/Nin)

 

Tags : PPS