close
SUMENEP

Karduluk Mengaji, Awali Haul KH. Baharudin Tobroni Pendiri Ponpes An-Najah 1 Karduluk

IMG_20220529_151250
Masyarakat sedang meneteni pembaca ayat suci Al-Qur'an di Masjid At-Takwa Karduluk.

SUMENEP, Kompasmadura.com – Minggu (29/5/2022), ada suasana baru di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan Sumenep. Desa yang dikenal Kota Ukir ini, tidak terbiasa disetiap tempat beribadah (Musolla dan Masjid,red) terdengar masyarakat melantunkan ayat suci Al-Qur’an.

Padahal, bukan Jum’at Legi (Manis,red). Ada apa ya? Eh ternyata, pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dimulai sejak ba’da subuh hingga hatam 30 Juzz merupakan rangkaian haul KH. Baharudin Tobroni sebagai pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) An-Najah 1 Karduluk.

Di sejumlah masjid dan musholla di Desa Karduluk, secara serentak digelar membacanya secara bergantian. Tidak cukup mengaji dalam memperingati haul, namun panitia telah mengagendakan serangkaian acara. Diantaranya, menggelar Terapi Al Fashdu, Bekam dan Ruqyah secara gratis.

Kegiatan itu dilaksanakan Senin (30/05/2022) di aula Madrasah mulai pukul 08.00 – 11.00. Dan sebagai puncak dari kegiatan haul KH. Baharudin Tobroni, akan diakhiri dengan pengajian Akbar dengan penceramah K. Imam Sutaji ketua LDK NU Kabupaten Sumenep.

“Alhamdulillah, kami dan segenap panitia sepakat sebelum hari pelaksanaan haul ini, masyarakat bersama-sama mengaji atau hataman Qur’an di masing-masing Musolla dan Masjid,” kata K. Ulul Arham.

Tujuannya sederhana, yaitu bagaimana Desa yang kita cintai ini termasuk penduduknya mendapat keselamatan, aman, damai, harmonis, dan dijauhkan dari segala musibah. “Samogeeh deddiyeh barokanah,” ujar K. Ulul sembari tersenyum.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah MA itu menambahkan pada haul ini juga dikemas pengajian akbar. Insyaallah yang hadir para masyarakat Desa Karduluk dan wali murid. “Alhamdulillah, K. Imam Sutaji ketua LDK NU Kabupaten Sumenep penceramahnya, dan acaranya dimulai pukul 12.30 WIB sampai selesai,” sambungnya. (Ful/Nin)

 

Tags : Haul