SUMENEP

Melalui PATM, Pemkab Sumenep Komitmen Wujudkan Kesejahteraan Petani

SUMENEP, Kompasmadura.com – Setelah melalui beberapa proses tahapan perencanaan pekerjaan. Hingga pada proses perawatan atau perbaikan. Proyek Pompa Air Tanpa Mesin (PATM) Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Madura, yang diprioritaskan bagi lahan irigasi pertanian. Akhirnya dapat dinikmati oleh masyarakat petani pemakai air.

Proyek pompa air yang diprioritaskan bagi ratusan hektar lahan pertanian milik warga itu juga dapat menjadi solusi saat musim kemarau atau debit air sudah mulai surut.

Chainur Rasyid Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Alam Sumenep saat turun langsung kelokasi melakukan uji coba pompa air, pihaknya mengatakan komitmennya terkait realisasi dan manfaat dari proyek pompa tanpa air tersebut.

“Seperti komitmen kami dari awal bahwa PATM harus berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat, untuk itulah teman-teman pelaksana, kami dari Dinas PU SDA selalu berikhtiyar dan terus berjuang untuk bisa membenahi PATM pasca banjir”, (tegasnya pada media, Rabu (10/11/2021).

Lebih lanjut, Inong sapaan akrab Kadis PU SDA berharap nantinya pompa air juga dapat bermanfaat bagi saluran irigasi petani di daerah sekitar.

“Hari ini sudah kita uji coba ditrayel dan air itu sudah bisa naik ke tandon dan langsung mengalir ke lahan pertanian. Harapan jangka panjang dari PATM ini bisa untuk irigasi pertanian memenuhi kebutuhan air para petani”, (jelasnya).

Sementara itu, Muhammad Bahar salah satu tokoh masyarakat sekitar sangat mengapresiasi atas kinerja dan komitmen yang diakukan oleh Pemkab Sumenep dalam memberikan bantuan serta solusi bagi petani masalah krisis air saat musim kemarau tiba.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep atas hadirnya Program PATM di Desa Lebeng Barat. Sebagai petani saya sangat terbantu dengan adanya PATM ini untuk mengairi sawah saya, ungkap Moh. Bahar salah seorang warga”, ungkapnya.

Keberhasilan Program PATM ini hasil kerja keras dari pihak rekanan dan PU SDA, kedepannya sangat perlu dukungan dari semua pihak untuk ikut memelihara dan mendukung program PATM. Sehingga manfaatnya betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat. (Ras/Nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *