SUMENEP

Melalui Program P3TGAI, PUPR Tingkatkan Jaringan Irigasi Di Sumenep

SUMENEP, Kompasmadura.com – Untuk meningkatkan kualitas irigasi pedesaan di masa pandemi Covid-19, pemerintah melalui Kementerian  PUPR RI (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) memberikan bantuan kepada desa melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun 2021.

Salah satu penerima bantuan itu ialah Desa Ellak Laok Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Kepala Desa (Kades) Ellak Laok, M. Ramli mengatakan bantuan dari Kementrian PUPR yang bersumber dari dana APBN untuk pekerjaan pembangunan saluran irigasi di area persawahan itu, menurutnya sangat berarti bagi masyarakat khususnya bisa dapat mempengaruhi pola tanam masyarakat petani di desanya.

“Biasanya dalam 1 tahun itu tanamannya padi, padi, palawija. Kemudian berkat adanya program ini dapat menjadi padi, padi, padi tergantung dari kemampuan posokan air baku dari irigasi jepun kiri”, ungkap Kades.

M. Ramli kepada media, pihaknya juga mengatakan bahwa lokasi persawahan Desa Ellak Laok masih banyak Jaringan irigasi tanah. Sehingga pihaknya juga berharap pada tahun-tahun berikutnya dapat mendapat program guna melanjutkan peningkatan jaringan tersebut dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Terimakasih kepada BBWS Brantas Jatim yang telah memberi program irigasi kepada petani ini, sehingga masyarakat lebih mudah mengatur pembagian air baku dan pengembangan area layanan”, tambahnya.

Sementara itu, Muhammad Syamsul Konsultan Manajemen Balai (KMB) Kabupaten Sumenep, pihaknya menyampaikan bahwa pelaksanaan Program P3TGAI di Desa Ellak Laok Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep yang dimulai dari bulan April hingga Agustus 2021 sudah selesai 100 persen.

“Hal ini tidak hanya di Desa Ellak Laok, akan tetapi diwilayah Kabupaten Sumenep, progres kegiatan sudah 100% secara keseluruhan”, tegas Muhammad Syamsul saat melakukan Monev Koordinator KMB Jatim pada 9 September 2021. (Ras/Nin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *