close
SUMENEP

Pengelolaan Sampah di Sumenep Masih Berkutat Di Tiga Kecamatan

IMG_20190201_083308
Kepala Bidang Penaatan dan Kapasitasi Lingkungan, DLH Sumenep, Taufik Rachman. Foto : Hend/kompasmadura.com

SUMENEP, Kompasmadura.com – Penanganan dan pengelolaan sampah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sampai saat ini masih berkutat di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kalianget, Kecamatan Kota dan Kecamatan Batuan. Jum’at (01/01/2019).

“Namun pada saat ini pengelolaan sampah masih mencakup tiga kecamatan,” kata Taufik Rachman, Kepala Bidang Penaatan dan Kapasitasi Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep.

Kedepanya, Pengelolaan sampah akan diperluas ke sejumlah kecamatan lain. Bahkan, tahun 2025 penanganan dan pengelolaan sampah harus mencakup semua kecamatan yang ada di Sumenep.

“Harus dicapai, karena berkaitan dengan penilaian Adipura. Jadi, kedepan tidak ada lagi persentasi Bupati, karena sudah ada Jakstrada (Kebijakan dan Strategi Daerah), bahkan ini sudah di Perbupkan,” jelasnya.

Selain itu juga, Penanganan sampah di kecamatan harus menyesuaikan dengan ketersediaan armada. Sementara saat ini DLH hanya memiliki sekitar 17 dumtruk. Itupun kondisinya banyak tidak layak pakai. “Nah, sekarang tinggal bagaimana kebijakan Pimpinan,” tegasnya. [Hend/Nindy]

Tags : DLH