close
SPORT

Perempatfinal Belgia Singkirkan Brasil

2466493
Foto : Getty Images

KAZAN – Belgia tampil luar biasa di babak perempatfinal Piala Dunia 2018, mereka menyingkirkan salah satu tim favorit Brasil, berkat kemenangan tipis 2-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB, kedua tim sama-sama menurunkan skuad terbaiknya. Brasil kembali diperkuat Marcelo yang pulih dari cedera.

Belgia terlebih dulu memberi ancaman terlebih dulu, Kevin De Bruyne melepaskan tembakan mendatar tetapi bola kirimannya masih melebar dari sasaran.

Brasil merespon di menit kedelapan. Thiago Silva menyambar bola sepak pojok Neymar dengan pahanya, tetapi bola masih membentur tiang gawang.

Namun gawang Brasil kebobolan gol di menit ke-13. Bermaksud mengatisipasi bola sepak pojok Belgia, Fernandinho malah melakukan gol bunuh diri. Bola masuk ke gawang sendiri setelah terlebih dulu mengenai pundaknya.

Tim Samba berusaha mencari gol penyeimbang. Sepakan spekulasi Marcelo dari luar kotak penalti di menit ke-26 masih bisa diamankan kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Serangan balik cepat menjadi andalan Belgia dalam menekan Brasil seperti yang terjadi di menit ke-33. Romelu Lukaku melakukan serangan balik setelah berhasil mendapat bola di sepertiga akhir pertahanan. Bola digiring mendekat kotak penalti Brasil untuk kemudian mengoper ke De Bruyne. De Bruyne melepaskan tembakan mendatar yang tak bisa dihentikan Alisson Becker.

Sementara tertinggal dua gol, Brasil semakin gencar menggempur barisan belakang Belgia. Ketangguhan kiper Courtois berhasil meredam peluang Philippe Countinho di menit ke-37.

Selain ituku juga gawang Brasil hampir saja kemasukan gol ketiga di penghujung babak pertama. Sontekan Vincent Kompany di menit ke-42 memanfaatkan sepak pojok masih bisa diamankan Alisson Becker. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Brasil memasukkan Roberto Firmino menggantikan Gabriel Jesus untuk menambah daya serang.

Selecao sudah menekan Belgia sejak menit-menit awal. Neymar terjatuh di area penalti di menit ke-51, ia meminta penalti karena menganggap dilanggar Marouane Fellaini. Namun, wasit menilainya Neymar melakukan diving.

Belgia bukan tanpa perlawanan, mereka mengancam gawang di menit ke-69. Romelu Lukaku mengajak berlari Joao Miranda, tetapi pemain Manchester United itu gagal mengendalikan laju bola yang menuju keluar lapangan.

Tite kembali melakukan pergantian pemain di menit ke-75. Kali ini, dia memutuskan untuk mengganti Paulinho dengan Renato Augusto.

Langkah tersebut terbukti berhasil, Augusto yang baru satu menit berada di lapangan mampu membobol gawang Belgia menggunakan sundulan kepala meneruskan umpan lambung Griezmann.m

Sisa 10 menit akhir laga, Brasil sempat menurun. Situasi ini coba dimanfaatkan Belgia mengancam gawang lawan sekaligus membunuh waktu.

Di masa injury, Neymar terjatuh di dalam kotak penalti saat mencoba meraih umpan silang Fagner. Tetapi wasit tidak melihat ada ganggaun berarti yang dilakukan Meunier.

Belgia mampu mempertahankan keunggulan 2-1 atas Brasil dan berhak melaju ke semifinal.

Susunan Pemain:

Brasil:¬†Alisson; Fagner, Silva, Miranda, Marcelo; Paulinho (Renato Augusto 73′), Fernandinho, Coutinho; Willian (Firmino 46′)), Gabriel Jesus (Douglas Costa 58′), Neymar.

Belgia:¬†Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Meunier, Fellaini, Witsel, Chadli (Vermaelen 83′); De Bruyne, Hazard; Lukaku (Tielemans 87′).

 

 

 

 

 

 

 

[Rie/red]

Tags : BelgiaBrasilPiala Dunia 2018