close
SUMENEP

Tuding Kinerja Angota Dewan Sumenep “Gagal” Mahasiswa Demo

IMG_20180322_184703

SUMENEP, kompasmadura.com – Puluhan Mahasiswa tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Sumekar (FKMS) melakukan aksi demo di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Kamis (22/03). Aksi mereka, mengkritisi sepuluh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang hingga saat sekarang belum selesai dibahas.

Berdasarkan pantauan kompasmadura.com, mahasiswa tiba dikantor DPRD Sumenep, sekitar 10.30 Wib. Spanduk dan poster bertuluskan tudingan terhadap kinerja wakil rakyat terpampang. “Raperda tidak selesai DPRD Gagal”, “DPRD Sumenep gagal jalankan fungsi legislasinya”. Bahkan mahasiswa bergantian berteriak melakukan orasi.

Salah satu orator dari FKMS, Moh. Sutrisno mengatakan hingga bulan tiga tahun ini, harusnya anggota dewan membahas Raperda, namun menunjukkan sikap serius menjalankan fungsi dan tugas sebagai anggota dewan.

Hal itu terbukti, hampir setiap tahun anggota dewan menyisahkan tunggakan Raperda. “Tahun ini hanya 4 raperda yang disahkan dari 14 Raperda, berarti masih 10 Raperda yang belum terbahas, apa yang dikerjakan rapa Wakil Rakyat kita,” teriaknya, Kamis (22/03).

Menurutnya, gagalnya anggota dewan menjalankan fungsi dan tugasnya dalam menyelesaikan beberapa Raperda membuat  rakyat menjadi korban. “Anggota dewan harus memperbaiki kinerjanya di tahun 2018 ini,” imbuhnya.

Namun mahasiswa harus gigit jari, mengingat para wakil rakyat tidak satupun berada di Kantor DPRD. Sehingga, aksi mahasiswa tak ada satupun dari anggota DPRD yang datang keluar menemui mahasiswa dan mengklarifikasi tudingan dari mahasiswa.

Pasalnya, semua anggota DPRD Sumenep memiliki tugas melakukan reses atau serap aspirasi di wilayah Dapilnya masing-masing. Masa reses wakil rakyat di mulai tanggal 19 hingga 26 Maret 2018 mendatang.

Kendati demikian mahasiswa tetap ngotot memili bertahan di depan kantor DPRD Kabupaten Sumenep dengan membuat tempat bertebuh untuk mereka duduk menunggu kehadiran anggota DPRD menemui mahasiswa.

“Kami akan menunggu hingga nanti malam, sampai kami ditemui pimpinan dewan.”tenga Sutrisno. [die/Nin]

Tags : Demo