close
SPORT

Formasi Baru Madura United Berbuah Tiga Poin dari Balikpapan

kmc_1476357537294

BALIKPAPAN, Kompasmadura.com – Madura United masih terlalu tangguh untuk Persiba Balikpapan pada lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 pekan ke-23, Kamis (13/10/2016) sore. Meski bermain di kandang lawan, Laskar Sape Kerap tetap sukses mengemas poin penuh.

Tim kebanggaan warga Madura ini menang dengan skor 2-1. Dua gol yang tercipta berasal dari aksi Fabiano Beltrame dan Erick Weeks. Sementara gol hiburan tim tuan  rumah dicetak oleh Matsunaga Sohei dari titik penalti.

Madura United membuat beberapa merubah pentingnya  pada laga ini. Formasi 4-2-3-1 dipakai oleh Gomes De Oliveira untuk menggantikan formasi dasar 4-3-3 yang biasanya dipakai. Hal ini membuat pertahanan  tim lebih kokoh karena terdapat dua gelandang jangkar di tengah.

Selain itu, perubahan mencolok terjadi untuk posisi bek kanan. Ahmad Maulana, yang berosisi sebagai gelandang, dimainkan pada pos yang biasa ditempati oleh Gilang Ginarsa.

Tak butuh waktu  lama bagi Madura United untuk membuka gol. Laga baru masuk menit ke-4, Fabiano Beltrame sudah membobol gawan Persiba. Bola sundulan Fabiano sempat membentur mistar, bola muntah lalu disambar masuk ke gawang.

Madura United nampak lebih fokus menjaga lini pertahanan dan  mengandalkan serangan balik pada babak pertama. Hal ini menyulitkan para pemain Persiba untuk mengembangkan permainan. Tak ada gol tambahan pada babak kedua.

Serangan balik cepat membuat Madura United mengandakan keunggulan pada babak kedua. Dane Milovanovic melakukan umpan-umpan pendek yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Erick Weeks. Skor 2-0.

Unggul 2-0 tak membuat cukup puas. Permainan disiplin di lini pertahanan tetap berjalan. Sementara kubu Persiba memasukkan Heri Susanto dan Rahel Radiansyah untuk menambah daya serang. Permainan kedua tim juga mulai diwarnai beberapa pelanggaran keras.

Persiba sukses memperkecil kedudukan pada menit-80. Gol tim berjuluk Beruang Madu ini tercipta melalu eksekusi penalti Matsunaga Sohei. Para pemain Madura United sempat melakukan protes atas hukuman penalti ini.

Sisa sepuluh menit jalannya pertandingan, Persiba terus berusaha mendapatkan gol tambahan. Namun, usaha Hanif Sjahbandi melalui sundulan kepala masih belum mengenai target. Hasil akhir tetap 2-1 untuk kemenangan Madura United.

Susunan Pemain:
Madura United (4-2-3-1): Herri Prasetyo; Ahmad Maulana, Muhar, Fabiano Beltrame, Rendi Siregar; Asep Berlian, Dane Milovanovic; Engelberd Sani, Slamet Nurcahyo, Erick Weeks; Pablo Rodriguez

 

Penulis   :  Ganesa Putra

Editor    :  Akhmad

 

Tags : Madura United Fc