close
SPORT

Indonesia Kalahkan Laos 2-1 di Piala AFF U-18

IMG-20190812-WA0002
Foto : Dok. Pssi

Ho Chi Minh City, Kompasmadura.com – Indonesia menang 2-1 melawan Laos di matchday keempat Grup A Piala AFF U-18. 

Bertanding di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City, Senin (12/8/2019) sore WIB, Laos mampu menyulitkan Indonesia di awal-awal laga. Ancaman pertama Laos datang di menit kelima saat tendangan bebas Chony Wenpaseth berhasil ditangkap Ernando Ari.

Sedangkan laga berjalan 10 menit, Indonesia masih kesulitan mengancam gawang Laos. Garuda Muda kalah agresif dari para pemain Laos. Indonesia mengancam pertahanan Laos di menit ke-18.

Sutan Zico, yang muncul dari sisi kiri, berhasil menyerobot bola dari pemain Laos. Dia menggiring bola sampai sisi kotak penalti dan melepaskan umpan, namun bola bisa disapu bek lawan. Sulitnya Indonesia menekan pertahanan Laos membuat pelatih Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain di menit ke-36.

Braif Fatari ditarik keluar untuk memainkan Beckham Putra. Lima menit terakhir di babak pertama, Fatur Rachman dari sisi kiri melepaskan umpan silang. Bola terlalu tinggi sehingga gagal dijangkau oleh Bagus Kaffi.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Indonesia langsung menggebrak pertahanan Laos di awal babak kedua.

Bagus mencoba melepaskan tembakan keras, namun bola masih melambung di atas mistar gawang lawan. Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-18.

Namun peluang emas didapat Indonesia pada menit ke-54. Bola tembakan Fajar dari jarak dekat masih bisa ditepis kiper Solasak Thilavong. Umpan silang Fajar di menit ke-64 menghadirkan kemelut di kotak penalti Laos. Bagus, yang mendapat bola gagal melepaskan tembakan.

Zico menyambar bola yang sudah berada di depan gawang, namun arahnya masih ke atas gawang. Laos berhasil merobek gawang Indonesia lebih dulu di menit ke-69. Tembakan Alounnay Lounlasy dari luar kotak penalti gagal dihalau Ernando. Indonesia beraksi dengan cepat.

Bagus berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-72 usai bekerja sama dengan Zico di kotak penalti Laos.Laos harus rela menuntaskan laga dengan kekalahan 1-2 setelah Anoulack Vannalath melesakkan gol bunuh diri di injury time. Gol berawal dari umpan silang Bagas Kaffa yang diteruskan dengan sontekan Bagus.

Bola sempat tak mengarah ke gawang, namun berbelok masuk ke gawang setelah terkena Anoulack.

Kemenangan ini memastikan Indonesia meraih satu tiket ke semifinal. Garuda Muda

Susunan pemain:
Indonesia: Ernando Ari; Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Riski Ridho, Bagas Kaffa, Brylian Aldama, David Maulana, Braif Fatari (Beckham Putra 37′), Bagus Kahfi, Sutan Zico (Saddam Emiruddin 85′), Mochammad Supriadi (Fajar Fathurrahman 32′).

 

[Riyan]

Tags : Piala AFF U-18Timnas Indonesia U-18