close
POLITIK

Adakan Bintek. Slamet ; Wujudkan Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh

IMG_20210917_171216

SAMPANG, Kompasmadura.com – Sebagai aset insan pertanian dan penyuluh perlu mendapat prioritas dalam penyusunan perencanaan program pembangunan pertanian. Pribahasa itulah mendorong Slamet Ariyadi supaya petani menjadi lokomotif penggerak dan pelopor yang inovatif, kreatif, profesional, mandiri, berdaya saing, dan berwawasan global.

Terbukti, Slamet Ariyadi anggota Komisi IV DPR RI kerjasama Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu dan Kementerian Pertanian melakukan Bimbingan Tehnik (Bimtek) kepada petani dan penyuluh. Kegiatan tersebut salah satu upaya mewujudkan peningkatan kapasitas petani dan penyuluh di bidang pertanian.

“Bintek ini dilakukan sekian kalinya, beberapa hari kami pun telah melakukan Bimtek kepada petani dan penyuluh,” katanya usai kegiatan di Hotel Bahagia Sampang.

Penyelenggaraan bimtek yang sudah dilaksanakan secara berkala ini tentu dalam rangka meningkatkkan kualitas sumberdaya manusia pertanian. Untuk itu, Slamet berharap petani dan penyuluh dapat menjadi pahlawan pangan. “Peserta juga diimbau untuk menyimak materi yang diberikan dengan seksama agar kesempatan seperti ini tidak sia-sia,” harapannya.

Menurutnya, sebagai petani dan penyuluh saat ini menghadapi tantangan di era global. Maka harus dapat berpikir kreatif dan inovatif. “Usai bimtek dapat bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga bisa diaplikasikan bersama masyarakat tani dan penyuluh lainnya,” pesannya.

Dia menuturkan kegiatan ini sebagai bekal para petani dan penyuluh untuk memperkuat pondasi dan kerja sama. Sisi lain, membina petani agar produktivitas naik dan produknya bagus, mulai dari saat menanam, panen, hingga pasca panen.

“Melalui bimtek ini, diharapkan petani mendapat masukan dan ilmu baru yang dapat diterapkan dalam kesehariannya. Begitu pula dengan para penyuluh, diharapkan dapat menyebarluaskan kepada penyuluh lainnya maupun petani,” harapan Slamet yang juga jabat Ketua DPD PAN Sampang. (Ful/Nin)

Tags : BimtekKomisi IV DPR RI