close
SUMENEP

Dinkop dan UM Sumenep Bekali Koperasi dan UMKM Melalui Diklat Kewirausahaan BSDL

IMG_20201201_165950

SUMENEP, Kompasmadura.com – Sebagai upaya mengembangkan usaha Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep menggelar Pendidikan dan Pelatihan memberikan pembekalan kepada Koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten Sumenep melalui Diklat Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya Lokal (BSDL) bagi Koperasi dan UMKM.

Kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Drs. H. Sustono, MM, M.Si, mengungkapkan melalui Diklat tersebut diharapkan para pelaku usaha Koperasi dan UMKM khususnya di Sumenep nantinya diharapkan mampu meningkatkan usahanya disektor masing-masing.

Namun kegiatan Diklat yang ditempatkan di Aula Al Ikhlas Kantor Kemenag Sumenep, diakui Sustono dalam rangka meningkatkan produksi olahan yang selama ini digeluti dapat lebih memaksimalkan potensi Lokal yang ada di wilayahnya, sehingga hasilnya juga lebih maksimal.

” para pengurus koperasi maupun UMKM di Kabupaten Sumenep ini diharapkan dapat sentuhan informasi yang dapat mendukung usahanya agar terus berkembang meskipun dimasa Pandemi Covid-19 saat ini.” Ungkap Sustono, saat pembukaan Diklat Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya Lokal bagi Koperasi dan UMKM, Selasa (01/12/2020).

Menurut Sustono, selama masa Pandemi Covid-19 tahun ini banyak usaha berbagai sektor yang mengalami penurunan produksi hingga tidak sedikit yang harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja maupun karyawannya. Sehingga berdampak pula terhadap perekonomian nasional dan daerah khususnya di Indonesia.

Dikatakan, para pelaku koperasi dan UMKM di Sumenep mampu berupaya semaksimal mungkin dengan landasan kuat untuk memanaj dan bergerak bersama nantinya ketika ada masa kelonggaran. Setidaknya kedua sektor ini bisa terus menjalankan usahanya yakni dengan peningkatan kepuasan bagi konsumen.

” Diharapkan akan ada peningkatan usahanya sedikit demi sedikit bisa mampu terus mengembangkan usahanya dan mampu berdaya saing dengan produksi usaha kelas menengah ke atas.” Harapnya.

Sementara PJ. Kepala Bidang Fasilitasi Pembiayaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Lisa Bertha Soetedjo, menjelaskan, kegiatan Diklat Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya Lokal bagi Koperasi dan UMKM di Sumenep ini diikuti sebanyak 50 peserta terdiri dari masing-masing dua orang pengurus Koperasi dan UMKM di kabupaten Sumenep.

“Melalui Diklat Kewirausahaan ini bagaimana peserta bisa menguasai materi yang diberikan sehingga mampu mengelola koperasi maupun UMKM dengan lebih baik dan mampu berdaya saing dengan produksi usaha lainnya.” Jelasnya.

Lebih lanjut menurut Bertha, kegiatan yang digelar selama tiga hari sejak tanggal 01-03 Desember 2020 ini merupakan pemantik agar para pelaku koperasi dan UMKM di Sumenep bisa terus semangat dan bisa memanfaatkan sumber daya lokal yang ada di daerah. Karena itu pihaknya menghadirkan narasumber yang merupakan praktisi Koperasi maupun UMKM dari Malang agar mampu mentransfer pengalamannya dalam mengembangkan usahanya dengan potensi lokal yang ada. (met/Nin)

Tags : Diskop