close
SUMENEP

Dinkop UM Fasilitasi Koperasi Magang Di Industri Batik Gedog Sekar Ayu

sumenep_1583996119 (1)

SUMENEP, Kompasmadura.com – Kegiatan fasilitasi manajemen usaha Koperasi perdagangan dan perindustrian (Magang Anggota Koperasi) dilaksanakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep di industri Batik Gedog Sekar Ayu Wilujeng, Desa Kedung Rejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. Sustono, M.Si, MM mengungkapkan, pihaknya melaksanakan kegiatan fasilitasi usaha di bidang perdagangan dan perindustrian bagi Koperasi yang dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 11 hingga 12 Maret 2020, agar nantinya bisa memiliki usaha batik.

“Ini merupakan kesempatan bagi anggota Koperasi yang memiliki usaha atau kegiatan di bidang batik,” ungkap Sustono, Kamis (12/03/2020).

Menurutnya, melalui ilmu keterampilan yang diperoleh, nantinya dapat diadopsi untuk mengembangkan Batik Gedog di Kabupaten Sumenep yang kaya akan pewarnaan. Tentunya nanti juga diharapkan dapat mengembangkan usaha Koperasi melalui kegiatan membatik.

Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi, Moh. Komaruddin S, S.Sos, juga berharap ke depan Koperasi/Kopwan yang mengikuti kegiatan tersebut mampu meningkatkan produk usahanya, dan menjalin kebersamaan antar anggota Koperasi yang memiliki usaha batik.

“Lebih penting pula, nantinya diharapkan peserta bisa memberikan filosofi dari produk batik yang dihasilkannya,” tandas Komar.

Sementara itu, narasumber dari Sanggar Batik Tulis Tenun Gedog Sekar Ayu Wilujeng, Uswatun Hasanah dan Ria Solfiana, mengaku sangat senang ilmunya bisa ditularkan kepada para pengurus Koperasi di Kabupaten Sumenep.

“Diharapkan, ilmu yang diterima juga nantinya bisa diketuktularkan pada yang lain, agar budaya warisan leluhur tetap terlestarikan,” pungkasnya.(eno/red)

Tags : Diskop